Optimalkan Pengawasan DPB, Bawaslu Palopo Lakukan Uji Petik di Tiga Kelurahan

63
Bawaslu Palopo melaksanakan uji petik di Kelurahan Songka, Takkalala, Murante, dan Mungkajang beberapa waktu lalu. Hal itu dilakukan untuk mengoptimalkan pengawasan pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Januari hingga Februari. (Dok. Bawaslu Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Bawaslu Palopo melaksanakan uji petik di Kelurahan Songka, Takkalala, Murante, dan Mungkajang beberapa waktu lalu. Hal itu dilakukan untuk mengoptimalkan pengawasan pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Januari hingga Februari.

Pemuktahiran Daftar Pemilih Berkelanjutan sendiri telah diplenokan KPU Kota Palopo. Komisioner Bawaslu Palopo, Ahmad Ali mengatakan uji petik ini dilaksanakan untuk memastikan keakuratan data yang telah diplenokan KPU Palopo terkait daftar pemilih berkelanjutan.

“Setelah Bawaslu palopo melaksanakan uji petik dan mencocokkan data Model A-DPB KPU dengan data Kelurahan tidak ditemukan data yang berbeda,” katanya.

Ali menambahkan selain mencocokan data yang telah diplenokan, Bawaslu palopo juga memeriksa dan mendapatkan informasi terkait pemilih yang mutasi keluar dan masuk, meninggal Dunia dan berubah status.

ADVERTISEMENT

“Seperti TNI/POLRI atau sebaliknya TNI/POLRI berubah status menjadi masyarakat Sipil sesuai dengan Surat Edaran Bawaslu RI Nomor 13 Tahun 2021 Tentang Pelaksanaan Pengawasn Daftar Pemilih Berkelanjutan,” ujarnya.

“Berdasarkan hasil uji petik ini Bawaslu Kota Palopo mendapatkan informasi terkait data pemilih yang mutasi keluar dan masuk pada kelurahan, songka, takkalala, dan murante. Dari hasil uji petik ini Bawaslu Kota Palopo akan menyampaikan kepada KPU pada Rapat Koordinasi Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan,” tambahannya. (ayb/liq)

ADVERTISEMENT