Optimalkan Pengelolaan Barang Milik Daerah, BPKAD Lutim Gelar Bimtek

38

LUTIM – Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) menggelar bimbingan teknis Persediaan Barang Milik Daerah bekerjasama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Palopo. Kegiatan Bimtek ini dibuka Asisten Administrasi Umum, Aini Endis Anrika di Kantor KPKNL Palopo, Jumat (02/08/2019).

“Untuk mengoptimalkan dan mendayagunakan pengelolaan barang milik daerah, hal yang harus dilakukan adalah penatausahaan barang persediaan sesuai amanat Perda Luwu Timur Nomor 2 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah,” kata Aini Endis saat mewakil Bupati Luwu Timur.

Menurutnya, salah satu kendala dalam penatausahaan barang milik daerah karena belum tersedianya aplikasi khusus persediaan sehingga laporan masing-masing OPD berbeda-beda sehingga menyulitkan menyusun laporan keuangan.

“Itulah mengapa bimtek ini dilakukan di KPKNL Palopo sebab instansi ini memiliki kompetensi dalam menyusun laporan persediaan,” jelas Endis.

Oleh karena itu, kata Endis, bimtek ini sangat strategis untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengurus di bidang persediaan barang daerah sehingga memudahkan pengurus barang atau pembantu pengurus barang dalam menyusun laporan barang persediaan.

“Yang paling utama, bimtek ini dilakukan agar ada keseragaman dalam menyusun laporan persediaan barang daerah,” kuncinya. (hms/ikp/kominfo)