Masuk Fokus Lokasi Intervensi Penurunan Stunting, Bappeda Palopo Bentuk Tim Percepatan

105
Bappeda Palopo bentuk tim percepatan penurunan stunting.
ADVERTISEMENT

PALOPO — Kota Palopo masuk dalam lokasi fokus intervensi penurunan stunting terintegrasi tahun 2022. berdasarkan keputusan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional nomor Kep.10/M.PPN/HK/02/2021 tentang Penetapan Perluasan Kabupaten/Kota Lokasi Fokus Intervensi Penurunan Stunting Terintegrasi Tahun 2022.

Dalam rangka menindaklanjuti keputusan tersebut, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palopo, telah membentuk Tim pengarah, Tim teknis dan Tim sekretariat percepatan penurunan stunting di Kota Idaman ini. melalui Surat Keputusan Walikota Palopo nomor 264/V/2021 tentang Pembentukan Tim tersebut.

Bambang Sukmanto Kabid Ekonomi, Sosial Pemerintahan umum, Bappeda Palopo, mengatakan telah melakukan Proses koordinasi terkait input data EPPGBM. Dimana Penginputan tersebut dilakukan oleh bidang kesmas Dinas Kesehatan Palopo.

EPPGBM merupakan sistim aplikasi online tentang pencatatan dan pelaporan gizi berbasis masyarakat, dimana Pencatatan tersebut dilakukan oleh petugas gizi Dinas Kesehatan.

ADVERTISEMENT

“Berdasarkan penginputan EPPGBM per tanggal 7 September 2021, data sasaran yang sudah terinput 80,50 persen yang mana target nasional diharapkan dapat tercapai hingga 14 persen pada tahun 2024,” ujar Bambang, Selasa (5/10/2021).

Dia juga menambahkan bahwa keuntungan yang diperoleh Palopo, jika dia masuk dalam lokasi fokus intervensi penurunan stunting, yaitu dapat menekan angka peningkatan prevelensi stunting di Palopo.

“Keuntungannya adalah tingkat prevalensi anak kategori stunting dapat di intervensi dengan baik dan benar, sehingga kedepannya dapat menekan angka prevalensi stunting di kota Palopo selain itu Palopo juga ikut berkontribusi terhadap penurunan angka prevalensi stunting secara Nasional,” tambahnya

Dalam hal ini tim koordinasi percepatan penurunan stunting Kota Palopo, kerap kali turun kelapangan untuk melakukan grebek stunting memberikan nutrisi tambahan kepada Balita. (hwn/liq)

ADVERTISEMENT