Palopo Target Tuntaskan Program 100.0.100

590
ADVERTISEMENT

PALOPO — Pemerintah Kota Palopo melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) berupaya menuntaskan program 100.0.100 dari Pemerintah Pusat di tahun 2019 ini.

Program 100.0.100 ini meliputi 100 persen akses pelayanan air minum aman, 0 persen kawasan kumuh perkotaan, dan 100 % akses sanitasi aman.

ADVERTISEMENT

“Kita target program ini terlaksana 100 persen pada tahun 2019. Ini target nasional, kita sangat optimis,” kata Kepala Bappeda Palopo, Firmanza.

Untuk menuntaskan program tersebut, salah satunya melalui Neigborhood Upgrading and Shelter Project (NUSP). Program NUSP di Palopo sudah tiga tahun terakhir berjalan menggunakan anggaran pusat. Program ini terbagi di sejumlah kelurahan khususnya kelurahan yang dianggap kumuh termasuk di wilayah pesisir.

“Program NUSP ini meretas kawasan permukiman di Kota Palopo, sehingga kawasan permukiman kumuh di Palopo ditargetkan mencapai 0 persen, sesuai program 100.0.100 di tahun 2019,” katanya.

Pelaksanaan program NUSP sebagai upaya meretas kawasan permukiman kumuh, meliputi pembangunan infrastruktur publik seperti jalan, drainase, sanitasi, dan lain-lain. (asm)

Walikota Palopo, HM Judas Amir didampingi Kepala Bappeda, Firmanza dan pejabat lainnya saat meninjau pelaksanaan NUSP di Palopo beberapa waktu yang lalu.

ADVERTISEMENT