Panitia Umumkan 9 Foto Hasil Lomba Photography Destinasi Wisata Sinaji, Intip di SINI Foto-Fotonya

383
Salah satu foto masuk kategori 9 besar hasil seleksi panitia lomba.
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA.COM–Panitia lomba Photography Destinasi Wisata Sinaji merilis sebanyak 9 foto terbaik hasil seleksi, Selasa (5/10/2021). Dari 9 foto tersebut, panitia masih akan menyeleksi untuk menentukan 6 foto terbaik, yang selanjutnya akan ditetapkan 3 foto sebagai pemenang.

KORAN SERUYA menerima 9 foto terbaik hasil tim juri, yang dikirimkan panitia lomba kepada redaksi media ini via WA.

Ketua panitia lomba, Muh Nursaleh, mengungkapkan, dari 16 foto yang lolos seleksi, sekarang ini mengerucut jadi 9 foto. Selanjutnya, panitia akan menyeleksi 9 foto tersebut menjadi 6 foto lolos ke tahapan seleksi selanjutnya, untuk menentukan 3 foto pemenang.

“Panitia juga akan menetapkan 1 foto favorit dari 16 foto lolos seleksi yang telah ditetapkan tim juri panitia lomba,” kata Ale, begitu Muh Nursaleh akrab disapa.

ADVERTISEMENT

Untuk itu, MPC Pemuda Pancasila Luwu berupaya memperkenalkan wisata Desa Sanaji kepada publik melalui pagelaran Lomba Photography Destinasi Wisata Sinaji. Lomba dengan tema ‘Keindahan Bukit Sinaji’ ini diadakan selama dua hari, 1-2 Oktober 2021. Lomba ini berjalan sukses karena diikuti banyak fotographer profesional dari berbagai daerah di Luwu Raya, termasuk dari Kota Makassar.

BERIKUT 9 FOTO WISATA SINAJI LOLOS SELEKSI: 

Ketua MPC Pemuda Pancasila Luwu, Ahkam Basmin sangat menyadari potensi wisata yang dimiliki Desa Sanaji bisa menjadi salah satu destinasi wisata andalan Luwu jika dikelola dengan baik. Apalagi, wilayah Bastem ini lokasinya berdekatan dengan wilayah Toraja yang sudah dikenal sebagai daerah tujuan wisata di Sulsel, sehingga Desa Sinaji di Bastem sangat potensial dikembangkan sebagai destinasi wisata di jasirah utara Sulsel setelah Toraja.

“Besar harapan kami, melalui lomba ini, berbagai spot pariwisata di Kabupaten Luwu bisa lebih dikenal di tingkat regional Sulsel, bahkan Nasional. Salah satunya, wisata Sanaji di Desa Sinaji,” kata Ketua MPC Pemuda Pancasila Luwu, Ahkam Basmin.

Dikatakan Ahkam, pihaknya bekerjasama Dinas Pariwisaa Luwu dan Pemerintah Kecamatan Bastem dan Pemerintah Desa Sinaji mengadakan lomba Photography Destinasi Wisata Sinaji, sebagai salah satu upaya melibatkan para fotografer untuk ikut memperkenalkan destinasi wisata Sinaji, yang memiliki banyak spot wisata.

“Harapan kita, wisata Sinaji ini bisa lebih dikenal masyarakat sehingga jadi destinasi wisata Luwu,” ujar Ahkam.

Kepala Desa Sinaji, Ismail mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada MPC Pemuda Pancasila Luwu yang telah mengadakan lomba Photography Destinasi Wisata Sinaji, sebagai salah satu upaya memperkenalkan obyek wisata yang ada di Desa Sinaji.

Menurut Ismail, objek wisata alam di Desa Sinaji yang masih sangat alami dan mulai ramai dikunjungi masyarakat berwisata, seperti mengunjungi air terjun Sinaji dan Bukit Sinaji. “Ada beberapa obyek wisata yang mulai ramai dikunjungi warga di Sinaji, seperti air terjun Sinaji dan Bukit Sinaji untuk menyaksikan awan di pagi hari sangat indah,” katanya.

Dia berharap, obyek wisata Sinaji bisa berkembang dan semakin dikenal luas masyarakat, sehingga menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Luwu.

“Dengan begitu, imbuh Ismail, perekonomian desa serta taraf hidup masyarakat bisa ikut berkembang. “Kalau destinasi wisata Sinaji maju dam berkembang, tentu saja akan membawa dampak perekonomian bagi masyarakat,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) memiliki banyak destinasi wisata yang tidak kalah dengan destinasi wisata daerah lainnya di Sulsel. Salah satunya, obyek wisata di Bunto Bulo, Desa Sanaji, Kecamatan Basse Sangtempe atau Bastem.

Obyek wisata Sanaji tak kalah indah dari Lolai, yang lebih dikenal dengan sebutan ‘Negeri di Atas Awan’ yang ada di Toraja Utara. Cuma bedanya, Lolai telah dikenal luas masyarakat, termasuk para wisatawan mancanegera.

Keindahan alam Desa Sanaji, tak jauh beda dengan Lolai. Hamparan awan menyerupai ombak yang indah juga bisa disaksikan di pagi hari di Desa Sanaji, seperti di Lolai. Bahkan, awan di pagi hari di Desa Sinaji lebih lama dari awan di Lolai.

Sejak subuh sebelum matahari menyembul di pagi hari, awan mulai menyelimuti bukit nan indah di Sanaji. Hamparan pegunungan ditutupi awan menjadi pemandangan nan indah di pagi hari. Bahkan awan bisa dinikmati pengunjung hingga pukul 09:00 atau hingga pukul 10:00 Wita di Bukit Sinaji, sehingga lebih lama dari awan yang berarak di Sinaji dibandingkan Lolai.

Desa Sanaji memiliki banyak pot wisata yang melengkapi keindahan panorama alam pegunungan di Bastem itu, termasuk adanya air terjun di Desa Sinaji. Belakangan ini, air terjun di Desa Sinaji dan Bukit Sinaji, yang masih asri dan alami mulai ramai dikunjungi warga baik dari Luwu maupun dari luar daerah. (***)

ADVERTISEMENT