Paripurna KUA/PPAS, Walikota : Peduli dan Dorong Partisipasi Pembangunan Palopo

29
Walikota Palopo, HM Judas Amir menghadiri Rapat Paripuna dalam rangka Penetapan Nota Kesepakatan tentang Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Tahun Anggaran 2023. (Foto : Kominfo Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO – Walikota Palopo, HM Judas Amir menghadiri Rapat Paripuna dalam rangka Penetapan Nota Kesepakatan tentang Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Tahun Anggaran 2023.

Rapat Paripurna itu dilaksanakan di ruang rapat Paripurna DPRD Kota Palopo, Sabtu (13/08/2022).

ADVERTISEMENT

Tentang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Palopo Tahun 2023, yang tahapan penyusunannya diawali dengan penyelenggaraan Musrenbang tingkat Kelurahan hingga tingkat Kota, serta penyerapan pokok-pokok pikiran DPRD.

Tahapan selanjutnya adalah pengajuan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) yang akan dibahas dan disepakati bersama antara Walikota dengan Pimpinan DPRD menjadi KUA PPAS, yang telah disepakati Kepala Daerah bersama DPRD menjadi pedoman bagi perangkat daerah dalam Menyusun RKA SKPD.

Untuk mancapai target tersebut, Wali Kota menyampaikan, semua itu membutuhkan sumber daya yang cukup besar. Oleh sebab itu dalam menetapkan belanja harus memperhatikan skala prioritas program kegiatan dan ketersediaan sumber Pendapatan.

“Menyampaikan kembali keseluruhan target pendapatan dan belanja dalam KUA PPAS tahun anggaran 2023, yang hal ini disetujui untuk dijabarkan lebih lanjut dalam Ranperda APBD Tahun 2023,” ucap Judas Amir.

Adapun pada sisi Belanja Daerah, yang dialokasikan sebesar, tentunya diharapkan dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia serta perekonomian di Kota Palopo sesuai agenda pembangunan Tahun 2023 yang telah ditetapkan.

“Harapan saya agar mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama menciptakan kepedulian, dengan mendorong tumbuhnya partisipasi dan transparansi pelaksanaan anggaran maupun pelaksanaan kegiatan pembangunan di Kota Palopo,” tutur Walikota Palopo.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Palopo selaku pimpinan eksekutif, mengucapkan penghargaan dan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ketua, Wakil Ketua dan para anggota dewan yang terhormat, atas segala usaha yang telah diberikan selama pembahasan KUA PPAS ini sehingga dapat terlaksana dengan baik.

“Kedepan mudah-mudahan kita masih diberi kekuatan dan kesehatan dalam menyelesaikan APBD Pokok Tahun Anggaran 2023 pada tahap selanjutnya,” harap Judas Amir. Turut hadir unsur Forkopimda Kota Palopo, Para pimpinan Perangkat Daerah Se-Kota Palopo, Insan pers, LSM. (kominfo)

ADVERTISEMENT