Pasar Gratis Tae Sussa di Luwu Utara, Penggagas Pernah Alami Kesulitan Ekonomi

342
Pasar gratis tae sussa. (Foto : ist)
ADVERTISEMENT

LUTRA — Ada yang unik di Kabupaten Luwu Utara, kalau biasanya masyarakat harus membawa uang agar bisa berbelanja kebutuhannya sehari-hari di Pasar. Kini di Pasar Tae Sussa tak perlu membawa uang alias gratis.

Pasar yang dinamakan Pasar Gratis Tae Sussa itu pertama dirintis mantan Kepala Dinas Kebudayaan dan Parawisata Kabupaten Luwu Utara, Yasir Taba.

ADVERTISEMENT

Berawal dari niatnya yang ingin membantu masyarakat yang ekonominya sedang kesulitan akhirnya dia mencoba untuk membuat Pasar gratis dimana Pasar itu masyarakat boleh membawa pulang kebutuhan seperlunya saja.

Saat diwawancarai Koran SeruYa, Yasir mengatakan Pasar Tae Sussa itu pertama ia rintis sendiri, tetapi lama kelamaan banyak rekannya yang simpati dan ikut berdonasi. Pasar tersebut hadir setiap hari Jumat dengan mendatangi Desa yang sudah ditentukan.

ADVERTISEMENT

pukul 06.00 pasar itu di depan rumah Yasir atau markas pasar gratis Tae sussa, Kecamatan Baebunta. setelah selesai di depan rumah pasar lanjut ke lokasi yang sudah diasessment sebelumnya.

“Kami berharap pasar gratis itu bisa lebih berkembang lagi dan bisa membantu masyarakat yang membutuhkan. Pasar ini kami buat karena, berdasarkan pengalaman pribadi. Kami juga pernah mengalami kesulitan ekonomi dan itu yang memotivasi kami untuk berbagi kepada sesama,” kata Yasir.

Kini Pasar gratis Tae Sussa sudah mempunyai Tim Relawan yang senantiasa melayani masyarakat yang berkunjung ke pasar tersebut. Selanjutnya Pasar gratis bakal dilaksanakan di empat lokasi yakni di markas pasar gratis Baebunta, Dusun Kariango, Sampolo, Desa Kariango dan Pesantren Baburrahman Baebunta. (hwn/liq)

ADVERTISEMENT