Pasar Hobi Songka Kian Ramai Dikunjungi, Kini Dilengkapi Klinik Hewan

2256
ADVERTISEMENT

PALOPO — Setelah diresmikan Walikota Palopo, HM Judas Amir, pertengahan Oktober lalu, Pasar Hobi Songka yang terletak di Jalan Yogi S Memet, Kelurahan Songka, Wara Selatan, kini semakin ramai dikunjungi oleh penggemar dan pecinta hewan.

Seperti yang terpantau pada Kamis (24/10/2019), pasar yang sempat “mati suri” selama 7 tahun itu kini mulai disasar warga Palopo yang ingin berbelanja atau sekedar cuci mata melihat aneka lapak yang beraneka ragam mulai dari berbagai jenis unggas seperti burung, ayam, ikan hias, kucing hingga pakan ternak sampai salon perawatan kucing impor seperti kucing blasteran Persia, Himalaya dan Angora.

ADVERTISEMENT

Salah satu pelapak, drh Burhanuddin yang juga menjual pakan kucing impor kepada KoranSeruya menuturkan, lapak miliknya sudah mulai ramai disambangi penggemar kucing, tidak saja dari kota Palopo ada yang bahkan datang dari kawasan Walenrang Lamasi, sampai Belopa dan Masamba, yang khusus ingin melihat koleksi hewan karnivora itu.

“Tidak saja menjual makanan kucing dan berbagai alat perlengkapannya, kami juga membuka salon khusus perawatan kucing, termasuk klinik dan konsultasi segala macam hewan peliharaan, jika ada customer yang punya masalah dengan hewan peliharaannya itu,” jelas Burhan.

ADVERTISEMENT

Khusus klinik hewan drh Burhanuddin ini dibuka setiap hari kecuali hari libur, jam praktik mulai pukul 16.00 keatas hingga pukul 20.00 Wita, dan terletak di bagian depan Pasar Hobi Songka berdampingan dengan Jinan Petshop miliknya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan kota Palopo, Zulkifli mengatakan,  “kehadiran pasar hobi ini selain untuk ajang bisnis jual beli, bisa juga digunakan sebagai ajang rekreatif bagi warga Palopo untuk mengurangi tingkat stress, selain juga sebagai sarana edukasi bagi para pelajar”

ADVERTISEMENT

Untuk informasi, pasar hobi yang nyaris mangkrak tersebut dibangun pada masa pemerintahan walikota HPA Tenriadjeng, sekitar 7 tahun lalu itu.  Segmentasi pasar hobi Songka ini memang menyasar penyuka hewan peliharaan, mulai dari jenis burung, ikan hias,  kelinci, hamster, kucing, tikus putih, ayam kate, dan lain sebagainya. Keberadaan pasar ini selain bisa memenuhi hobi hewan peliharaan masyarakat Kota Palopo, dapat pula menjadi sarana hiburan bersama keluarga dan kerabat, sambil berburu pernak pernik benda-benda unik yang ditawarkan di sana.(Iys)

ADVERTISEMENT