Pascagempa, Lebih 19 Ribu Warga Sulbar Mengungsi, Hari Ini Dikunjungi Presiden Jokowi

56
Presiden Jokowi kunjungi lokasi gempa di Mamuju Sulawesi Barat, Selasa (19/1)
ADVERTISEMENT

SULBAR–Pascagempa kuat bermagnitudo 6,2 yang mengguncang Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), pada Jumat (15/1), Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sebanyak 19.435 orang mengungsi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati menyebutkan sebanyak 15.014 orang mengungsi di Kabupaten Mamuju dan 4.421 orang mengungsi di Kabupaten Majane di 25 titik pengungsian.

ADVERTISEMENT

“Titik pengungsian di Kabupaten Majene tersebar di Desa Kota Tinggi, Desa Lombong, Desa Kayu Angin, Desa Petabean, Desa Deking, Desa Mekata, Desa Kabiraan, Desa Lakkading, Desa Lembang, serta Desa Limbua. Di Kabupaten Mamuju terdapat lima titik pengungsian di Kecamatan Mamuju dan Kecamatan Simboro,” kata Raditya melalui keterangan tertulisnya, Senin (18/1).

Pusdalops BNPB juga melaporkan sebanyak 64 orang mengalami luka berat di Kabupaten Majene dan 189 orang di Kabupaten Mamuju, sehingga total korban dengan luka berat mencapai 253 orang.

ADVERTISEMENT

Korban dengan luka ringan tercatat sebanyak 679 orang. BPBD Kabupaten Majene, Mamuju, serta Polewali Mandar, terus melakukan pendataan dan berkoordinasi dengan TNI Polri, Basarnas serta relawan maupun instansi lainnya dalam proses evakuasi masyarakat terdampak.

Sementara itu, korban meninggal akibat gempa bermagnitudo 6,2 di Sulawesi Barat (Sulbar) bertambah menjadi 81 orang berdasarkan data pada Senin pagi (18/1). “70 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan 11 orang di Kabupaten Majene,” kata Raditya.

Selasa Pagi, Jokowi Terbang Kunjungi Sulawesi Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) untuk menyaksikan dari dekat penanganan bencana gempa di daerah itu, Selasa (19/1), pagi.

Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Presiden Jokowi beserta rombongan terbatas dan tetap melakukan protokol kesehatan secara ketat, lepas landas menuju Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Rencananya, setiba di Bandar Udara Tampa Padang, Sulawesi Barat, Presiden Jokowi dan rombongan terbatas diagendakan untuk langsung bergerak menuju posko pengungsian warga terdampak gempa dan meninjau kerusakan rumah warga beserta sarana umum yang berlokasi di Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene.

Dari Kabupaten Majene, Presiden Jokowi dijadwalkan untuk kembali ke Kabupaten Mamuju guna meninjau salah satu lokasi terdampak gempa dan lokasi pengungsian lainnya.

Berdasarkan informasi yang diterima dari Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat, pada pukul Pukul 12.10 WITA, Jokowi meninjau Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang mengalami kerusakan berat karena gempa di Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

Setelah itu, Jokowi juga meninjau lokasi pengungsi, diantaranya di Stadion Manakarra Mamuju. Presiden memberikan bantuan logistik dan tenda kepada para pengungsi.

Tak sendiri, Jokowi didampingi Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Gubernur Sulawesi Barat Andi Ali Baal Masdar dan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Barat Muhammad Idris.

Dari foto yang dilansir Biro Pers Sekretariat Presiden, mereka terlihat memantau sejumlah gedung di dekat kantor gubernur yang rusak parah.

Tampak, reruntuhan bangunan yang hampir rata dengan tanah. Di lokasi itu terdapat juga beberapa ekskavator.

Jokowi juga dijadwalkan bakal mengunjungi lokasi pengungsian para korban bencana alam tersebut.

Jokowi akan pulang ke Jakarta sore nanti.

Kemarin, Jokowi juga meninjau lokasi terdampak banjir di Kalimantan Selatan.

(iys)

ADVERTISEMENT