Pasien Positif 01 ‘HY’ Sembuh, Tapi Tim Medis yang Sempat Rawat di Palopo Masih Dikarantina, dr Ishak: Semoga Rapid Test Kedua Tetap Negatif

2255
Jubir resmi pemerintah kota Palopo terkait penanganan Covid-19. (Foto: Iccank)
ADVERTISEMENT

PALOPO–Pasien pertama kasus positif covid-19, Hy telah dinyatakan sembuh setelah hasil swab dua kali selama dirawat di RS Unhas Makassar dinyatakan negatif. Bahkan, dikabarkan Hy akan keluar dari rumah sakit setelah tim medis yang merawatnya menyatakan dia telah sembuh.

Namun, tim medis yang sempat merawat Hy selama diisolasi di RSU Sawerigading Palopo, RS Bintang Laut,  termasu sopir dan perawat yang merujuknya ke RS Unhas di Makassar, masih menjalani karantina di salah satu hotel di Kota Palopo.

ADVERTISEMENT

Untuk RSUD Sawerigading sebanyak 13 tenaga medisnya dikarantina, sedangkan RS Bintang Laut 12 orang, atau totalnya 25 orang.

Juru bicara Tim Gugus Penanganan Covid-19 Kota Palopo, dr Ishak Iskandar, mengatakan, para medis yang dikarantina tersebut sudah menjalani Rapid test pada Selasa (5/5/2020).

ADVERTISEMENT

“Rapid tes pertama, Alhamdulilah negatif. Tapi, akan dirapid test ulang beberapa hari kedepan, untuk memastikan bahwa para medis ini tidak terjangkit virus Corona,” katanya.

Mantan Kadis Kesehatan Kota Palopo ini berharap, rapid test kedua juga negatif.

ADVERTISEMENT

Menurut dr Ishak, secara medis Hy terinfeksi virus asal Wuhan ini per tanggal 18 April dan per tanggal 5 Mei telah melewati masa inkubasi virus Corona selama 14 hari.

“Memang dia dirawat baru 7 hari di RS Unhas, tapi pasien telah melewati masa
inkubasi virus 14 hari, ditambah imun tubuh pasien kuat sehingga sembuh dari virus ini,” katanya.

ADVERTISEMENT