Paus Fransiskus Dipastikan Tak Terinfeksi Corona

71
Paus Fransiskus Dilaporkan Sakit Ringan. (Foto: AFP/ALBERTO PIZZOLI)
ADVERTISEMENT

JAKARTA–Italia tengah dirundung wabah virus Corona. Di sisi lain, kondisi kesehatan Paus Fransiskus tengah menurun. Apa yang tengah dialami Paus Fransiskus?
Duta Besar RI untuk Takhta Suci Vatikan Agus Sriyono menyatakan telah berkomunikasi dengan pejabat Vatikan. Tak satu pun pejabat Vatikan yang menyebut Paus Fransiskus terinfeksi Corona.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat OlehMW Quiz

“Dari pantauan kami sampai Sabtu malam (29/2), baik melalui berita resmi dari Vatikan, Italia, dan kontak pribadi dengan pejabat Vatikan, tidak satu pun menyatakan Paus Fransiskus terinfeksi virus Corona,” kata Agus Sriyono saat dihubungi, Minggu (1/3/2020), dilansir KORAN SERUYA dari detikcom.

ADVERTISEMENT

Lalu, ada apa dengan Paus Fransiskus? Untuk diketahui, Paus Fransiskus telah membatalkan sejumlah agendanya. “Mereka menyatakan ‘The Pope has a mild indisposition’. Kami terus memonitor perkembangan kesehatan Paus Fransiskus,” ucap Agus.

Agus menyebut Paus Fransiskus saat ini masih berada di Vatikan. Agus terus memantau kabar-kabar terbaru. “Sejauh saya masih di Vatikan. Saya sedang memantau,” ucap Agus Sriyono.

ADVERTISEMENT

Untuk diketahui, Paus Fransiskus dikabarkan menderita sakit di tengah wabah virus corona. Fransiskus (83) pada awal minggu dilaporkan menderita flu.

Seperti dikutip Antara, Minggu (1/3/2020), Fransiskus membatalkan agendanya yang dijadwalkan dalam misa karena penyakit ringan. Dia terlihat batuk dan menutup hidung selama kebaktian Rabu Abu. Suaranya juga terdengar serak.

Kepala pers Matteo Bruni dalam sebuah pernyataan mengatakan, Fransiskus memimpin misa pagi seperti biasa dan menyapa para jemaat di akhir acara. Namun, Fransiskus itu membatalkan seluruh agenda lainnya kemarin, kecuali pertemuan di rumah dinasnya di Saint Martha.

Bruni mengatakan pembatalan itu karena Fransiskus menderita ‘penyakit ringan’. Kabar mengenai kondisi Fransiskus ini beredar ketika Eropa berjibaku melakukan pencegahan penyebaran kasus virus corona yang terus melonjak. Vatikan tidak membuat referensi untuk penyakit Fransiskus dalam pengumumannya. (*/tari)

ADVERTISEMENT