Pelaut yang Berstatus PDP di Palopo Rekam Jejaknya Diketahui Baru Pulang dari Zona Merah COVID-19, Sempat ke Toraja Juga

3461
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA–Satu lagi pasien dalam pengawasan (PDP) dilaporkan Gugus Tugas Percepatan Pencegahan COVID-19 (GTPPC) kota Palopo, Jumat 10 April 2020.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat OlehMW Quiz

Lewat Juru Bicara Resmi Pemerintah Kota Palopo terkait Coronavirus Diseases, Dr dr Ishak Iskandar MKes, saat dihubungi via WhatsApp Jumat siang (10/4), pasien tersebut berinisial L, 25 tahun, baru masuk di RSUD Sawerigading Kamis malam kemarin, sekira pukul 20.00 Wita.

ADVERTISEMENT

Pasien terindikasi PDP Corona ini memiliki gejala yang menyerupai gejala Covid-19 yakni selain batuk juga sesak nafas dan demam.

Ishak Iskandar juga menambahkan jika rekam jejak pasien diketahui baru pulang dari kota Tangerang, Banten yang merupakan zona merah Covid-19, dimana daerah pecahan Jawa Barat itu saat ini memiliki 218 kasus Covid-19, dan 20 orang meninggal dunia (data Covid19 Pusat per Jumat 10/4).

ADVERTISEMENT

“Pasien baru pulang dari Tangerang, Banten, dari Jakarta lanjut ke Palopo via Makassar terus ke Toraja dan ke Palopo,” ucap Jubir Coronavirus Diseases itu.

“Tapi saya minta masyarakat jangan panik, keluarga pasien dan tetangganya juga, karena kalau PDP kemungkinannya ada dua, yakni positif dan negatif, kami ambil langkah dari segi preventifnya saja, untuk mengantisipasi saja, kalau toh negatif ya Alhamdulillah,” ucap dr Ishak buru-buru menandaskan.

Sementara itu, sumber lain yang juga dihimpun Koran Seruya, menyebutkan, pasien L tersebut, berprofesi sebagai ABK (Anak Buah Kapal) yang baru pulang berlayar.

“Itu tetanggaku kodong, dia Pelaut, memang dia baru datang dari Jakarta, tapi semoga bukan ji Corona,” ucap sumber yang berdomisili di Kelurahan Jaya, Telluwanua, yang namanya dirahasiakan.

Untuk diketahui hingga Kamis (9/4), merujuk laman web https://covid19.sulselprov.go.id/ di kota Palopo sendiri terdapat 108 ODP, dan PDP 2 orang, tapi 1 dinyatakan negatif dan satunya yang baru masuk semalam, masih dalam proses pemeriksaan lebih lanjut oleh tim medis, dimana pengetesan Covid-19 lazimnya melalui Rapid Test maupun tes sampel Swab lendir tenggorokan. (iys)

Info dari Redaksi:

7 Gejala Covid-19 yang harus anda ketahui:

  1. Demam tinggi
  2. Batuk dan Flu
  3. Sesak Nafas
  4. Indera Penciuman Berkurang
  5. Berkurangnya Indera Pengecap
  6. Sakit Tenggorokan
  7. Mata Merah

Jika mengalami gejala diatas hubungi Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat (PKM) terdekat atau Rumah Sakit, Isolasi Mandiri, kenakan APD, masker dan lainnya.

ADVERTISEMENT