Pembangunan Kantor DPRD Palopo Dimulai, Walikota Letakkan Batu Pertama di Eks RS Kalang-Kalang

188
Walikota Palopo, HM Judas Amir meletakkan batu pertama menandai dimulainya pembangunan kantor Dewan Palopo, Rabu (13/10/2021), di Kelurahan Tobulung, Kecamatan Bara.
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA.COM–Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palopo, Sulsel, akan memiliki kantor baru. Walikota Palopo, HM Judas Amir meletakkan batu pertama menandai dimulainya pembangunan kantor Dewan Palopo, Rabu (13/10/2021), di Kelurahan Tobulung, Kecamatan Bara.

Kantor DPRD Palopo ini akan dibangun diatas lahan seluas 1 hektar lebih, di atas lahan eks RS Kusta Kalang-Kalangan di Tobulung. Kantor ini dibangun dengan oleh CV Tirani Tekhnik Pratama, yang pembangunannya ditarget rampung pada akhir tahun mendatang dengan anggaran Rp10.977.959.000 bersumber dari APBD.

ADVERTISEMENT

Walikota Palopo, HM Judas Amir dalam sambutannya, ada dua hal mendasari dirinya memindahkan kantor DPRD. Selain tidak melanggar aturan, ini untuk jangka panjang.

“Yang pertama, penduduk ke depan pasti akan bertambah terus. Kemudian yang kedua adalah kantor walikota saat ini berdekatan dengan gedung DPRD. Tidak diminta-minta, pengamanan lemah ketika ada demo, akan berimbas ke kantor walikota,” kata Judas Amir.

Sementara itu, Plt Kadis PUPR, Harianto menegaskan bahwa pembangunan gedung DPRD tersebut dibangun dua tahap. “Ini tahap pertama hanya pembangunan struktur. Terdiri dari pondasi, kolong plur atau secara keseluruhan hanya rangka konstruksi. Belum ada finishing,” jelas Anto.

Dikatakan, pengerjaannya lebih banyak menggunakan alat. Adapun yang menggunakan manual itu akan dimaksimalkan hingga malam. Tentu kita juga berharap cuaca mendukung sehingga kita optimis ini bisa selesai,” tambahnya.

Untuk pembangunan tahap kedua, baru akan kembali dianggarkan di tahun 2022 untuk finishing. Anggarannya nanti sekitar Rp14 miliar sudah termasuk pagar dan taman. (hwn)

ADVERTISEMENT