Pembangunan Sirkuit Palopo Segera Ditender, Anggarannya Capai Rp15 Miliar, Ansar Dahri: Jadi Arena Road Race Pertama di Luwu Raya

2528
ILUSTRASI

PALOPO–Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palopo tengah mempersiapkan pelaksanaan tender berbagai paket proyek pembangunan tahun 2020. Salah satu paket proyek yang akan ditenderkan dalam waktu dekat ini, yakni proyek pembangunan arena road race (sirkuit) Palopo.

Informasi diperoleh KORAN SERUYA, Dinas PUPR Kota Palopo mengalokasikan anggaran sebesar Rp15 miliar tahap pertama melalui APBD 2020 untuk merealisasikan hadirnya arena road race di Kota Palopo.

“Banyak pihak meragukan (bangun sirkuit), padahal pagu anggarannya sudah ada. Sisa ditenderkan bersamaan sejumlah paket proyek fisik lainnya,” kata Kadis PUPR Kota Palopo, Ansar Dahri.

Arena road race ini direncanakan akan dibangun di wilayah Purangi, Kecamatan Wara Selatan, Kota Palopo. Sirkuit ini akan dibangun diatas lahan seluas 6,5 hektar. “Ini tahap pertama,” katanya.

Sesuai perencanaan, proyek pembangunan sirkuit ini direncanakan penganggaran dua tahap, yakni tahun 2020 dan 2021. Untuk tahap dua, direncanakan tahun 2021, pembangunannya masuk dalam skala insfrastruktur sirkuit, terutama parkiran. “Lahan dibutuhkan untuk parkiran dan beberapa fasilitas pendukung sirkuit lainnya, sekitar 2 hektar,” katanya.

Ansar Dahri berharap, pembangunan arena road race ini tidak ada kendala, sehingga tahun ini, Kota Palopo telah memiliki arena road race untuk mendukung olahraga otomotif di Kota Palopo.

“Kita menyadari, olahraga otomotif sangat berkembang di Palopo, sehingga dibutuhkan arena road race atau sirkuit. Nantinya arena sirkuit ini akan menjadi yang pertama di Luwu Raya,” katanya. (tari)