Pembelajaran Demokrasi Sejak Dini, SMPN 8 Palopo Gelar Pemilihan Ketua Osis

41
Pemilihan Ketua Osis SMPN 8 Palopo. (Foto : Ayub Sadega)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Sebagai bentuk pembelajaran demokrasi bagi siswa, SMPN 8 Palopo menggelar pemilihan Ketua OSIS, Senin (23/5/2022). Kegiatan itu berlangsung di halaman SMPN 8 Palopo.

Layaknya Pemilu, pemilihan tersebut berjalan demokratis. Sembilan calon yang berkompetisi, masing-masing calon nomor urut 1 Azzam Praditya, nomor urut 2 Firman, nomor urut 3 Richela Asifa, nomor urut 4 Suci, nomor urut 5 Muhammad Rifqi Rifai, nomor urut 6 Indira Aqila Safira Hamid, nomor urut 7 Narilla Suryadi, nomor urut 8 Andika Pratama dan nomor urut 9 Muhammad Ibanez.

Bahkan sebelum pemilihan, diadakan kampanye dan pemaparan visi misi oleh kesembilan calon. Pemaparan visi misi itu disaksikan ratusan siswa di Lapangan usai pelaksanaan Upacara bendera.

Keluar sebagai pemenang pemilihan ini, Calon nomor urut 8 Andika Pratama dengan raihan 86 suara. Kepala sekolah SMPN 8 Palopo, Hj Sitti Hadijah menyampaikan pihaknya bersyukur atas terlaksananya pemilihan Ketua OSIS tahun ini dengan baik.

ADVERTISEMENT

“Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk melatih peserta didik dalam memberikan hak suaranya dan menumbuhkan nilai-nilai demokrasi pada diri peserta didik sejak dini. Hal ini mengingat tingginya angka golput dalam setiap pilkada, pemilu dan pilpres yang sesungguhnya,” katanya.

“Untuk itu, harus disikapi dengan memberikan pemahaman tentang pentingnya menggunakan hak pilih kepada para peserta didik. Sebab kedepan mereka akan menjadi pemilih yang memiliki hak suara, yang dapat digunakan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab dan bijaksana,” ujarnya.

“Harapannya calon ketua osis terpilih tahun 2022/2023 adalah yang terbaik diantara yang baik, serta dapat mengemban amanah dan utamanya memajukan kegiatan siswa di SMPN 8 Palopo,” tandasnya. (ayb)

Berikut hasil pemilihan Ketua OSIS SMPN 8 Palopo periode 2022-2023 berdasarkan besar suara:

Nomor urut 8 : 86 Suara
Nomor urut 5 : 81 suara
Nomor urut 3 : 68 suara
Nomor urut 1 : 60 suara
Nomor urut 6 : 48 suara
Nomor urut 4 : 29 suara
Nomor urut 2 : 19 suara
Nomor urut 7 : 18 suara
Nomor urut 9 : 6 suara

ADVERTISEMENT