Pembinaan Kabupaten Layak Anak di Malili

22
ADVERTISEMENT

MALILI — Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur (Lutim), melalui Tim Gugus Tugas KLA Lutim melakukan pembinaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tingkat Kabupaten se-Lutim.

Pembinaan diawali di Kecamatan Malili yang dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Kesetaraan Gender, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Sosial P3A, Hj. Julaeha Thalib didampingi Camat Malili, Nasir Dj, Kepala Bidang Kelembagaan dan Masyarakat Desa DPMD, Muzakkir, Perwakilan Dinas Kesehatan, Andi Rachmawaty Rahim, di Aula Kantor Camat Malili, Selasa (13/12/2022).

ADVERTISEMENT

Dalam paparannya, Julaeha menjelaskan, KLA adalah kabupaten/kota dengan sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus Anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan.

“Kebijakan KLA merupakan pedoman penyelenggaraan KLA bagi kementrian, lembaga, pemerintah daerah provinsi, dan Pemda, untuk mempercepat terwujudnya Indonesia Layak Anak,” jelasnya.

ADVERTISEMENT

Ia juga menyampaikan bahwa, prinsip pengembangan KLA sesuai konveksi Hak Anak sangat perlu dilakukan dan dipenuhi dengan baik. “Misalnya, dengan menghargai pandangan anak di mana hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengambilan keputusan,” imbuhnya. Sementara itu, Analis Kebijakan Dinsos P3A, Rahmawati Taat Mading menyebutkan bahwa, peran media massa dalam mempublikasikan pelbagai kegiatan yang berkaitan dengan KLA tersebut sangatlah dibutuhkan.

“Terutama dalam pengisian indikator dari desa, kelurahan, kecamatan hinga kabupaten Layak Anak,” tandasnya. Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Sekolah, Kepala Desa, Kepala Puskesmas Malili, Dinas Pendidikan dan Dinsos P3A. (rls/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT