Pemda Lutra Genjot Pengembangan Ekonomi Desa

211

LUTRA – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (IDP), melaunching Program Pilot Inkubasi Inovasi Desa Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID-PEL), Minggu (4/8/2019), di Desa Baloli Kecamatan Masamba. Di samping itu, Bupati perempuan pertama di Sulsel ini juga meletakkan batu pertama pembangunan Gedung Serbaguna Program PIID-PEL dan Pembangunan Pondasi Penerangan Jalan Umum (PJU).

“PIID-PEL ini bertujuan mendorong produktivitas dan membangun kapasitas kelembagaan ekonomi di tingkat desa yang melibatkan kelompok usaha ekonomi masyarakat desa, termasuk koperasi dan badan usaha milik desa dan badan usaha milik bersama yang bermitra dengan pelaku bisnis profesional secara berkelanjutan,” jelas IDP. Hal ini dilakukan, kata dia, untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian sosial ekonomi masyarakat desa.

IDP menambahkan, sejalan dengan tema RPJMD Kabupaten Luwu Utara di tahun keempat ini, yaitu peningkatan kemandirian ekonomi. Maka kehadiran PIID-PEL sangat diharapkan mampu meningkatkan kemandirian ekonomi bagi masyarakat perdesaan, menciptakan lapangan kerja, mengurangi masyarakat miskin dengan membuka peluang pasar yang akan difasilitasi oleh pihak inkubator dan pelaku bisnis profesional.

“Diharap memberikan dampak positif bagi pengembangan ekonomi lokal masyarakat desa, seperti meningkatnya omset usaha masyarakat, lapangan pekerjaaan, pendapatan asli desa, serta produksi dan produktivitas produk unggulan desa oleh kemitraan, mengurangi angka kemiskinan di desa, serta menguatnya peran lembaga ekonomi desa,” paparnya.

Sebelumnya, Kadis PMD, Misbah, menyebutkan, latar belakang terpilihnya Baloli sebagai desa yang ditunjuk mengikuti PIID-PEL, karena desa itu dan Bumdesa Siujung Pesarring telah melakukan usaha pengembangan agro wisata, khususnya pengembangan wisata desa.

“Desa ini melakukan kerjasama dengan desa Kamiri dan Lero dalam pembangunan kawasan perdesaan wisata agro,” terang Misbah, Penanggung Jawab Pokja PIID-PEL.

Sekadar diketahui, program PIID-PEL ini adalah hasil kerjasama Kementerian Perdesaan PDTT Republik Indonesia dan Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara dengan PT Ditant Brinanta Jaya sebagai inkubator sekaligus pelaku bisnis profesional. Turut hadir dalam acara ini, Direktur Utama PT Ditant Brinanta Jaya Emilta Dewi Chaniago, Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Yasir Taba, dan Camat Masamba Ari Setiawan. (lh/liq)