ADVERTORIAL: Pemda Luwu Timur Belajar ANC Hipnoterapi di Luwu Utara

157
ADVERTISEMENT

Luwu Utara — Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur melakukan Studi Visit Pelaksanaan ANC Hipnoterapi di Kabupaten Luwu Utara, Senin (23/12/2019). Lokus kegiatan Puskesmas Sukamaju, dengan menghadirkan 50 peserta yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Bagian Organisasi, Bapelitbangda, Kecamatan Malili, Wasuponda, Nuha, Towuti, Rumas Sakit I La Galigo, Rumah Sakit Inco Sorowako, dan 10 Puskesmas yang masuk wilayah binaan PT Vale.

Rombongan yang dipimpin Kepala Dinas Kesehatan Lutim yang diwakili Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Balobo Abbas, diterima langsung Asisten III Pemda Lutra Eka Rusli dan Kadis Kesehatan Lutra Andi Muhammad Nasrum. Asisten Eka Rusli yang hadir mewakili Bupati menyambut hangat kedatangan rombongan Studi Visit Pemda Lutim ini. “Kami mengapresiasi atas adanya upaya replikasi inovasi ANC Hipnoterapi ini,” kata Eka.

ADVERTISEMENT

Eka mengatakan, sebuah inovasi sejatinya memang harus direplikasi agar keberlanjutannya tetap terjaga dan tidak stagnan. “Kehadiran saudara-saudara kita dari Lutim adalah untuk belajar inovasi ini kemudian mengembangkannya. “Kita berharap teman-teman Puskesmas Sukamaju bisa memberikan ilmu hipnoterapi atau sharing informasi terkait inovasi ini, bagaimana kemudian model penerapan ANC Hipnoterapi ini bisa dikembangkan,” katanya.

Sementara Kabid Kesmas Dinkes Lutim, Balobo Abbas, dalam sambutannya memberikan ucapan terima kasih atas penerimaan yang begitu luar biasa dari Pemda Lutra. “Kami menaruh harapan agar inovasi ini bisa kami kembangkan sesuai kebutuhan di wilayah kami,” ujar Balobo. Ia mengatakan, maksud dan tujuan Studi Visit ini selain menjalin silaturahmi antarsesama pemberi layanan publik juga untuk belajar tentang keberhasilan ANC Hipnoterapi.

ADVERTISEMENT

Ia menyebutkan, ada beberapa aspek yang ingin dipelajari, di antaranya aspek implementasi, aspek pendukung keberhasilan, dan aspek penghambat yang dihadapi selama ini. “Kami juga akan mempelajari langkah-langkah pelaksanaannya dan mengidentifikasi aspek-aspek yang dianggap perlu dikembangkan dari inovasi ini,” ucapnya, seraya berharap, 10 Puskesmas yang hadir dapat menyusun langkah-langkah perencanaan dan pengembangan inovasi ini.

“Sejatinya inovasi yang berhasil adalah inovasi yang dapat diadaptasi oleh pihak lain untuk dimodifikasi dan dikembangkan. Apalagi inovasi ini yang bertujuan pada pembangunan manusia dan pencapaian tujuan MDG’s. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas penerimaan yang luar biasa ini. Semoga ini menjadi amal yang baik untuk mewujudkan Luwu Timur sebagai kabupaten yang terkemuka,” pungkas Balobo Abbas.

Studi Visit ANC Hipnoterapi terlaksana atas kerjasama Pemprov Sulsel, Pemda Lutim, Transformasi GIZ, dan PT Vale Indonesia Tbk. Turut hadir Fadiah Mahmud dari Transformasi GIZ, Advisor Program dari PT Vale Indonesia Tbk Jumardi, para Camat, para Kepala Puskesmas, para dokter Puskesmas, dan para Bidan. Hadir pula inovator ANC Hipnoterapi Anjas Rusli yang saat ini menjabat sebagai Camat Sukamaju Selatan. (Hms/LH)

ADVERTISEMENT