Pemilu 2024, KPU Palopo Siapkan 484 TPS

60
ADVERTISEMENT

PALOPO — KPU Palopo berencana membuat 484 Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pemilu 2024. Dari 484 TPS yang direncanakan, tiga diantaranya ditempatkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Palopo. Tiga TPS dibuat di Lapas untuk mengakomodir suara 831 narapidana yang ada di sana.

Komisioner KPU Kota Palopo Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Efendi Samaila, mengatakan, jumlah TPS berkurang jika dibandingkan dengan jumlah TPS pada Pemilu 2019. Hal tersebut disebabkan pengisian pemilih yang ada di setiap TPS dioptimalkan hingga 300 pemilih. “Itu sesuai instruksi yang dikeluarkan oleh KPU RI,” kata Efendi, Rabu (16/11/2022).

ADVERTISEMENT

Efendi menekankan, jumlah TPS yang ada saat ini adalah data sementara. Sebab pada dasarnya jumlah TPS sangat dipengaruhi oleh jumlah pemilih. “Jadi bisa saja angka ini bertambah jika jumlah pemilih juga ikut bertambah, begitupun sebaliknya,” katanya.

Menurut dia, TPS yang ada di Lapas masuk dalam kategori khusus. “Kami juga memetakan tiga TPS khusus yang akan ditempatkan di Lapas Kelas II A Palopo untuk melayani warga binaan yang ada di sana pada saat hari pemungutan suara nanti,” tuturnya.

ADVERTISEMENT

Tiga TPS direncanakan di Lapas mengigat jumlah narapidana yang ada di sana mencapai 831 orang. “Penyusunan jumlah pemilih per TPS maksimal 300 orang, sehingga di Lapas dipetakan 3 TPS khusus,” ujarnya. (*)

ADVERTISEMENT