Pemkab Luwu Gagas Pengembangan Belopa, Wilayah Pesisir Dibidik

404

LUWU – Bupati dan Wakil Bupati Luwu menggagas pengembangan Belopa dengan konsep kota baru. Duet Basmin Mattayang-Syukur Bijak fokus membidik wilayah pesisir Ulo-Ulo dan sekitarnya untuk pembangunan kota baru.

Hal itu diungkapkan Kepala Bappeda Luwu, Muh Rudi di ruang kerjanya, Kamis (28/3). Menurut Rudi, kondisi Belopa sebagai ibukota Kabupaten Luwu dalam pengembangannya, masih membutuhkan lahan yang tidak sedikit.

“Dengan melihat tata kota sekarang, untuk pengembangannya sudah tidak memungkinkan. Olehnya itu, kita membutuhkan lokasi lain sebagai perencanaan kota baru nantinya. Dan pilihan jatuh pada wilayah pesisir. Dalam hal ini Ulo-Ulo dan sekitarnya,” jelasnya

Pengembangan Kota Belopa ini lebih lanjut dijelaskan Sekretaris Perumahan dan Cipta Karya Kabupaten Luwu, Sofyan Tahmrin.

Sofyan mengatakan, infrastruktur sesuai rencana pengembangan kota baru meliputi area perkantoran, sarana olahraga, pembangunan fasilitas pendidikan yang terintegrasi. Juga ada pembangunan ruang terbuka hijau (RTH), anjungan dan lain sebagainya.

“Ini adalah gagasan besar pak bupati dan wakil bupati. Kemarin sore, pak bupati bersama kami sudah melakukan peninjauan di sana,” jelas Sofyan. (liq)