Pemkab Luwu Raih WTP ke 7, Kepala BPKD: Kerjasama Solid Hingga ‘On the Track’

85
Kepala BPKD Luwu, Moh Arsal Arsyad.
ADVERTISEMENT

Belopa – Keberhasilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu meraih, opini Wajar Tanpa Mengecualian (WTP) ke 7. Hal itu tidak lepas dari solidnya kerjasama tim keuangan yang dimotori Badan Pengelolah Keuangan Daerah (BPKD) Luwu.

Ditunjuk langsung Bupati Luwu, Dr H Basmin Mattayang, menyiapkan laporan keuangan daerah. Kepala BPKD Luwu, Moh Arsal Arsyad kerja siang malam bersama staf akuntan dalam mempersiapkan laporan keuangan ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Hasilnya berbuah manis dengan raihan WTP ke 7.

Predikat tersebut disampaikan Kepala BKP RI Perwakilan Sulawesi Selatan, Paula Henry Simatupang, usai melakukan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Laporan Hasil Pemeriksaan LKPD Tahun Anggaran 2021 di Auditorium lantai 2 Gedung BPK RI, Makassar, Selasa (17/05/2022).

Bupati Luwu apresiasi pelaksanaan audit yang telah dilaksanakan BPK. Menurut Bupati dua periode itu, tim BPK telah bekerja profesional. Memberikan perhatiannya kepada pemerintah Kabupaten Luwu.

ADVERTISEMENT

“Terima kasih atas Opini WTP yang ketujuh kalinya diberikan kepada kami. Terima kasih atas segala masukan, koreksi dan langkah- langkah perbaikan selama proses pemeriksaan berlangsung. Namun demikian, karena kelemahan dan kekurangan dalam penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah sehingga masih terdapat temuan-temuan yang harus kami tindaklanjuti demi perbaikan ke depan,” ungkap Dr H Basmin, dalam sambutannya.

Terkhusus tim laporan keuangan di Luwu. Dr H Basmin, juga mengapresiasi kerja keras siang malam jajaran tim akuntan yang dipimpin oleh Kepala BPKD Luwu, Moh Arsal, hingga berbuah hasil yang manis.

“Hasil ini tidak lepas dari koordinasi baik kerjasama tim internal-eksternal pemerintah Kabupaten Luwu. Terutama Sekda, BPKD, hingga staf khusus akuntan yang mendampingi Pemkab Luwu dalam pelaksanaan laporan keuangan dihadapan BPK,” jelas Dr H Basmin.

Sementara itu Kepala BPKD Luwu, Moh Arsal, saat dihubungi terpisah Koran Seruya, menilai bahwa capaian WTP bentuk komitmen tim internal dan eksternal beserta jajaran Organisasi Perangkat Daerah atas sinergi dalam mempersiapkan laporan keuangan daerah.

“Seperti arahan Bapak Bupati Luwu, capaian ini tidak lepas dari solidnya sinergi tim internal dan eksternal  keuangan juga jajaran Organisasi Perangakat Daerah atas kerjasama yang baik,” kata Moh Arsal.

Bahkan kata Arsal, dirinya juga mengapresiasi tim internal BPKD Luwu, atas segala kesiapan kerja dalam memberikan laporan yang akuntabel. Laporan yang akuntabel kata Arsal, mengatarkan Pemkab Luwu capai WTP ke 7 kali.

“Apresisasi kepada tim internal BPKD, atas segala kesiapan kerja laporan keuangan yang akuntabel. Laporan keuangan akuntabel ke hadapan Badan Pemeriksa Keuangan juga menjadi indikator utama penilaian. Dengan data yang akuntabel, hingga minim masukan dari Badan Pemeriksa Keuangan saat penyerahan laporan keuangan daerah,”

Untuk itu kata Arsal, apa yang dicapai hari ini dapat dipertahankan, On the Track. Hingga kedepan dapat lebih baik. (Mat)

ADVERTISEMENT