Pemkda Lutra Hibahkan Tanah di Kawasan Terminal Masamba Untuk Kantor Basarnas

37
ADVERTISEMENT

MASAMBA — Pemerintah Kabupaten Luwu Utara menghibahkan sebidang tanah untuk Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Sulawesi Selatan, Rabu 21 Februari 2024. Hal itu tertuang dalam naskah hibah yang ditandatangani oleh Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani dan Ketua Basarnas Sulsel, Mexi Bekabe.

Indah mengatakan hibah tanah seluas 3600 M2 yang terletak di Kawasan Terminal Pasar Sentral Masamba rencananya akan digunakan untuk pembangunan Kantor Basarnas Kabupaten Luwu Utara. “Hari ini secara resmi Pemkab Luwu Utara menyerahkan hibah lahan seluas 3600 m2 ke Basarnas Sulsel,” terang Indah.

ADVERTISEMENT

Indah menyebut, Luwu Utara sebagai salah satu kabupaten yang rawan bencana di Sulawesi Selatan sangat mendukung upaya pembangunan kantor Basarnas karena terkait dengan pencarian dan penyelamatan. “Dukungan ini salah satu bentuk upaya pemda dalam hal mitigasi bencana, sebab lebih baik mencegah daripada mengobati. Dan tentu diharapkan dapat meningkatkan indeks kapasitas daerah dan indeks kapasitas masyarakat dalam mitigasi bencana,” tutur Isteri Anggota DPR RI, Muhammad Fauzi tersebut.

Untuk mendorong percepatan pembangunan, Indah mengaku akan mematangkan sertifikat hibah tanah dalam waktu dekat. “Sertifikat hibah tanah untuk pembagunan kantor Basarnas saat ini telah berproses di BPN, sehingga kita berharap terjadi percepatan. Tujuannya memperkuat hadirnya Basarnas di Luwu Utara,” tandas bupati dua periode tersebut.

ADVERTISEMENT

Sementara, Kepala Basarnas Sulawesi Selatan, Mexi Bekabe menyampaikan terkait hibah tanah pihaknya akan mengusulkan ke kantor pusat agar segera dilakukan pembangunan fisik. “Hibah lahan ini sebagai dasar pengajuan ke pusat. Namun tahapannya berproses. Saat ini statusnya unit kemudian naik menjadi pos baru akhirnya menjadi kantor,” ucapnya usai meninjau lahan hibah bersama Bupati dan Kalaksa BPBD, Muslim Muchtar. (*)

ADVERTISEMENT