Pemkot Libatkan Masyarakat Peringati HUT Palopo

237
Wawali memimpin rapat persiapan HUT Palopo dan rakernas apeksi.

PALOPO — Pemerintah Kota Palopo akan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-17 tahun pada 2 Juli 2019 mendatang. Menyambut hari itu, pemkot menggelar rapat persiapan di Aula Bappeda, Kamis (13/6/2019).

Rapat dipimpin wawali Palopo, Rahmat Masri Bandaso didampingi asisten I Bidang Pemerintahan, Burhan Nurdin, Asisten II Bidang Pembangunan, Taufik dan Asisten III Bidang Keuangan, Munasirah. Sebagai peserta ialah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kota Palopo.

Selain membahas HUT, juga dibahas persiapan jelang rapat kerja nasional apeksi yang waktunya bersamaan di Kota Semarang. Dalam arahannya, RMB sapaan akrab wawali berharap pelaksanan peringatan hari jadi Kota Palopo harus dipersiapkan secara matang karena kegiatan tersebut akan di hadiri oleh Gubernur Sulsel yang juga dijadwalkan ke beberapa titik yang ada di Kota Palopo.

“Saya harapkan semua hal harus disiapkan sedini mungkin, apalagi kedatangan gubernur bukan hanya menghadiri upacara semata, namun juga akan berkunjung ke beberapa titik dalam wilayah kota Palopo,” Ungkap RMB.

Persiapan pelaksanaan hari jadi lanjut RMB, semua elemen masyarakat harus dilibatkan, baik unsur pemerintahan maupun ormas-ormas lainnya, termasuk pelaksanaan upacara pada puncak acara di mana akan melibatkan ASN dari semua instansi termasuk instansi vertikal.

“Untuk suksesnya acara, semua harus bersinergi dan bekerjasama dengan baik agar pelaksanaan hari jadi bukan hanya terkesan seremoni belaka namun akan terlihat meriah sehingga semua pihak tanpa terkecuali dapat merasakan meriahnya hari jadi tersebut,” harap RMB lagi.

Pada rapat tersebut juga ditetapkan Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Taufiq selaku ketua Panitia dan Asisten I Bidang Pemerintahan, Burhan Nurdin selaku penaggungjawab pelaksanaan kegiatan.

Untuk Ketua Umun pelaksanaan kegiatan ditetapkan Sekda Kota Palopo, Jamaluddin dan Sekretaris Kabag Pemerintahan, Andi Bachtiar serta Bendahara, Kepala DPPKAD, Samil Ilyas.

Taufiq pada kesempatan yang sama memaparkan beberapa hal terkait rangkaian kegiatan yang akan memeriahkan pada hari jadi diantaranya. Diantaranya, sepeda santai, eksebisi bola, pelaksanaan pentas seni dan olahraga kemasyarakatan, lomba paduan suara, nyanyi solo antara pimpinan perangkat daerah, dan lomba cipta menu.

Pada rangkian acara juga akan dilaksanaka devile penghargaan kota Palopo dengan melibatkan elemen perangkat daerah dan kecamatandan kegiatan akan mengusung tema ” Tingkatkan Profesionalisme Menuju Palopo Juara. “Kita siapkan 3.000 undangan untuk semua pihak,” kata Taufik.

Sementara itu, asisten I Bidang Pemerintahan Burhanurddin mengungkapkan terkait kesiapan rakernas Apeksi di Kota Semarang, akan dilakukan pada tanggal 2-5 Juli 2019 juga harus dimatangkan.

“Karena agenda rakernas apeksi bertepatan dengan hari jadi kota Palopo, maka segala hal juga terkait rakernas harus dimatangkan,” ungkap Burhan.

“Sesuai arahan pak wakil Walikota, semua yang terlibat harus disipakan jauh-jauh hari termasuk dinas kebudayaan, untuk mengikuti festival budaya dan mempersiapkan pohon khass Palopo pada agenda penanaman pohon khas daerah,” tambah Burhan Nurdin. (asm)