Pemkot Palopo Akan Siapkan Program Wisata Covid-19, Walikota Minta Kesiapan Pemilik Hotel

838
Walikota Palopo, HM Judas Amir
ADVERTISEMENT

PALOPO – Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo, menggagas program wisata Covid-19, rencananya akan melakukan karantina pasien positif corona di hotel yang ada di Kota Palopo.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Itu sebagai bentuk upaya Pemkot Palopo dalam menekan angka penyebaran Covid-19. Sehingga pasien yang positif tidak lagi dirujuk ke Kota Makassar untuk menjalani program wisata Covid-19.

ADVERTISEMENT

Hal tersebut, diutarakan oleh Walikota Palopo dihadapan sejumlah pengelola yang ada di Palopo, di Lantai 3 Kantor Walikota Palopo, Selasa (15/9/2020).

“Kita mau tawarkan, hotel mana yang bersedia untuk dijadikan tempat isolasi pasien covid-19. Kita bayar hotelnya termasuk fasilitasnya,” kata HM Judas Amir.

ADVERTISEMENT

Lebih jauh, Walikota Palopo dua periode menjelaskan, jika langkah tersebut diambil, lantaran dirinya menganggap isolasi mandiri di rumah kini tidak efektif lagi.

“Saya minta komunikasikan segera ke pemilik hotel, karena rata-rata yang datang ini hanya pengelola. Hotel mana yang mau. Karena saya menganggap, isolasi mandiri di rumah ini sudah tidak efektif,” sambung dia.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Sementara, Ketua PHRI Palopo, Heri meminta petunjuk bagaimana teknis pelaksanaan karantina di hotel.

“Mohon diberi pencerahan dulu soal teknisnya. Contoh bagaimana dengan keselamatan pengelola hingga karyawan. Bagaimana penanganannya,” kata Hery.

Kadis Kesehatan, Taufiq yang hadir menambahkan beberapa hotel di Makassar yang selama ini menjadi tempat wisata covid-19 sudah membatasi pasien.

“Hotel yang bersedia nantinya kita akan fasilitasi tenaga kesehatan hingga dokter. Karyawan hotel juga akan diberikan fasilitas dalam mencegah penularan covid-19,” kata Taufiq.

Hingga akhir pertemuan, pengelola hotel yang hadir diminta membuat permohonan persetujuan dalam waktu dua hari. Hotel mana yang berminat untuk ditempati wisata covid-19.

Sekadar informasi, per hari ini total pasien positif covid-19 Palopo sebanyak 144 orang, 36 sementara dalam perawatan dan 8 orang dinyatakan meninggal. (Rah/Sya)

ADVERTISEMENT