Pemkot Palopo Buka Rekrutmen Influencer, Khusus yang Aktif di Sosmed dan Punya Banyak Followers

99
ADVERTISEMENT

PALOPO–Pemerintah kota Palopo melalui Dinas Komunikasi dan Informatika membuka rekrutmen influencer bagi masyarakat yang memiliki akun media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Hal itu terungkap saat tim seleksi (Timsel) Influencer Pemkot Palopo melakukan pertemuan di The Caliber, Sabtu (15/1/2021).

ADVERTISEMENT

Kabid Infrastuktur dan Manajemen Sistem Informatika Dinas Kominfo Palopo, Ilham Tahang mengatakan, influencer yang akan direkrut ini nantinya bertugas sebagai corong informasi di tengah masyarakat melalui akun media sosialnya masing-masing. Rekrutmen ini terbuka untuk masyarakat Palopo yang berusia 17-30 tahun.

“Banyak informasi tentang program dan kegiatan pemerintahan yang belum sampai ke masyarakat. Termasuk aktivitas pemerintah yang ada di setiap kelurahan yang ada di Kota Palopo. Hal ini yang akan kita maksimalkan. Termasuk nantinya diharap mampu membantu pemerintah meluruskan informasi hoaks yang beredar,” kata Ilham.

ADVERTISEMENT

Untuk jumlah yang akan diterima, Ilham menyebut sebanyak 48 orang influencer yang tersebar di 48 Kelurahan.

“Syaratnya wajib ber-KTP Palopo. Kemudian memiliki minimal 2.000 teman di Facebook serta minimal 350 followers di Instagram,” jelasnya.

ADVERTISEMENT

Pemkot Palopo juga akan memberikan insentif kepada influencer yang terpilih. Untuk waktu pendaftaran akan dilakukan pada tanggal 15-19 Januari 2021 dan diumumkan pada tanggal 23 Januari 2021. Mereka yang terpilih akan mengikuti pembekalan pada tanggal 24-25 Januari 2021.

Adapun kelengkapan berkas, seperti foto KTP atau KK, screenshot akun medsos serta surat pernyataan bersedia menjadi influencer. Berkas tersrbut dikirim ke email influencerpalopo@gmail.com. (*/hms)

CATATAN: Influencer adalah orang yang bisa memberikan influence (pengaruh) kepada orang lain dalam membuat keputusan, salah satunya adalah keputusan untuk membeli produk tertentu atau kebijakan tertentu. Influencer ini memiliki pengikut yang banyak di media sosial dan memiliki tingkat engagement yang tinggi dengan pengikutnya.

Pekerjaan dan keahlian influencer bisa berbeda-beda, mulai dari pengusaha yang jago public speaking hingga vlogger yang kreatif banget. Karena mereka punya kemampuan untuk memberikan pengaruh dalam keputusan membeli produk, bekerja sama dengan influencer dapat menjadi salah satu strategi marketing.  (Sumber: Google)

ADVERTISEMENT