Pemkot Palopo Gelar Rakor Peringati Hari Bersih-bersih Sedunia

126
Pemerintah kota Palopo menggelar rapat koordinasi dengan camat, lurah, kepala sekolah dan ketua RT yang ada di kota Palopo Kamis (19/9/2019).

PALOPO — Pemerintah kota Palopo menggelar rapat koordinasi dengan camat, lurah, kepala sekolah dan ketua RT yang ada di kota Palopo Kamis (19/9/2019).

Rapat yang berlangsung di ruang pola kantor walikota itu dipimpin wakil walikota Palopo, Rahmat Masri Banaso didampingi Asisten II Bidang Pembangunan, Taufik, Kepala Bappeda, Firmanza dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Rachmad.

Rahmat dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa pemkot Palopo perlu mempersiapkan diri terkait kegiatan World Clean Day atau hari besih-bersih sedunia yang jatuh pada 21 September 2019 mendatang, karena kegiatan tersebut terlaksana serentak secara global.
Lanjutnya, sesuai instruksi dan penyampain Walikota Palopo, semua elemen harus berperan serta dan ikut terlibat secara aktif. “Bukan hanya dikalangan ASN saja tetapi juga dari organisasi kepemudaan lainnya serta sekolah dan perguruan tinggi,” ungkap RMB, sapaan akrab wawali Palopo.

Ia juga berharap agar semua partisipan yang ada agar secepat mungkin dilakukan koordinasi sehingga semua elemen akan terlibat tanpa terkecuali. Terkhusus para Camat, Lurah termasuk Kepala Sekolah dan lembaga pemerintah lainnya agar menyiapkan laporan tertulis di sertai dukumentasi agar dalam pelaporan pelaksanaan terlihat jelas hasilnya. “Saat ini PBB sudah merencanakan les aktif pengurangan penggunaan plastik, dan itu harus terespon baik, dan mulai saat ini kita sudah harus aktif mengikuti kegiatan-kegiatan berhubungan dengan lingkungan,” harap RMB.

RMB juga menyampaikan bahwa dunia internasional saat ini juga sudah mulai menggalakan berbagai kegiatan lingkungan hidup sebagai tujuan menyatukan umat manusia dari berbagai budaya-budaya yang hanya khusus untuk membersihkan lingkungan khususnya dunia dan itu wajib di dukung.

Pada kesempatan yang sama Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Palopo, Taufiq juga menyampaikan, kegiatan tersebut sangat berkaitan dengan program kota sehat yang saat ini sementara verifikasi. “Untuk verifikasi penilaian kota sehat itu sampai dengan tanggal 26 September dan ini ada hubungannya dengan kebersihan dan ada hubungannya dengan sampah. Untuk itu mulai dari hari ini sampai satu minggu ke depan kita mesti kerja bakti membersihkan sampah-sampah di sekitar kita,” pinta Taufik.

Terpisah, kepala Bappeda Palopo, Firmanza yang juga Pembina Forum Kota Sehat Firmanza DP menambahkan, sesuai jadwal tim verifikasi Kota Sehat akan berada di Kota Palopo tanggal 26 September 2019. “Saat berada di Palopo nantinya, tim penilai akan mengjungi beberapa lokasi di Palopo untuk dinilai,” katanya.

Ia menyebut beberapa lokasi yang dimaksud diantaranya UPTD Mancani, TKM Topi Palo Mancani, TPA Mancani, Bank Sampah, SMPN 8 Palopo, Lereng Sehat Perumahan dan lainnya. “Kita berharap, semua wilayah khususnya yang dilalui dan didatangi tim penilai harus bersih,” tandasnya. (asm)