Pemkot Palopo Ikut Rakornas TPAKD, Jokowi Minta Peningkatan Akses Keuangan

48
ADVERTISEMENT

PALOPO–Sekretaris Daerah Kota Palopo, Drs. Firmanza DP, SH, M.Si bersama Kepala BPKAD Kota  Palopo, H. Samil Ilyas dan Kabag Ekonomi Setda Kota Palopo, Fauziah mengikuti secara virtual Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) tahun 2020 di Ruang Kepala Bappeda Palopo, Kamis (10/12/2020).

Rakornas dalam rangka penguatan implementasi program kerja TPAKD secara berkelanjutan serta peningkatan sinergi dari Kementerian/Lembaga dan Pimpinan Daerah dalam mendorong akses keuangan di daerah.

ADVERTISEMENT

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan  (OJK) Keuangan RI, Wimboh Santoso menyampaikan bahwa dampak pandemi Covid-19 tidak terelakkan lagi, karena telah memukul perekonomian seluruh lapisan masyarakat. Termasuk di kalangan pelaku usaha, informal dan UMKM.

“Di sinilah ketersediaan akses yang seluas-luasnya sangat berperan penting di masa pandemi kepada masyarakat untuk diberi kemudahan mendapatkan pembiayaan maupun akses penyimpanan anak-anak pelajar,” kata Wimboh.

ADVERTISEMENT

Untuk itu, pergerakan percepatan akses keuangan di daerah menjadi perhatian dan sekaligus menjadi prioritas kita semua.

Ditambahkan, OJK menaruh perhatian besar kepada upaya pendekatan akses dan literasi keuangan masyarakat di pelosok negeri ini.

ADVERTISEMENT

Berbagai inisiatif telah diluncurkan dan terus dikembangkan bekerjasama dengan pemangku kepentingan.

Sementara itu, dalam arahan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo mengatakan, ada 32 TPAKD di tingkat provinsi dan 165 TPAKD tingkat kabupaten/kota.

Hal ini perlu terus ditingkatkan agar dapat menjangkau semua provinsi dan kabupaten/kota serta mempercepat perluasan akses keuangan dan pembiayaan daerah.

Lanjut Presiden, peningkatan akses keuangan ini penting untuk mendorong pembangunan dan ekonomi di daerah.  Mendorong peningkatan kesejahteraan dan kesetaraan hidup rakyat banyak melalui inklusi keuangan.

“Untuk itu saya mengajak untuk melakukan cara-cara ekstraordinari dalam melakukan beberapa hal,” kata presiden.

Beberapa hal tersebut yang dimaksud Presiden, diantaranya lebih agresif dalam meningkatkan literasi keuangan, meningkatkan pengetahuan, meningkatkan minat, dan meningkatkan kepercayaan industri keuangan.

Selain dilakukan peluncuran roadmap TPAKD pada kegiatan Rakornas, juga pengumuman dan penyerahan penghargaan TPAKD Award 2020.

Salah satu penerima penghargaan TPAKD Award tingkat provinsi adalah Provinsi Sulawesi Selatan dengan kategori provinsi dengan implementasi pembiayaan melalui pola kemitraan terbaik. (hms)

ADVERTISEMENT