Pemprov Sulsel Belum Usul Nama Calon Pj Bupati Luwu Pengganti Basmin Mattayang

126
ADVERTISEMENT

MAKASSAR — Masa jabatan tiga bupati di Sulsel berakhir pada Desember 2023. Salah satunya adalah Basmin Mattayang yang kini menjabat Bupati Luwu. Hanya saja, hingga saat ini pemprov Sulsel belum mengusulkan nama calon penjabat Bupati Luwu.

“Kami masih menunggu surat dari Kemendagri,” kata Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Sulsel, Idham Kadir kepada wartawan, kemarin. Pemprov mengirim 3 nama untuk masing-masing daerah. Artinya ada 9 nama pejabat Pemprov Sulsel yang diusul naik jabat Pj Bupati.

ADVERTISEMENT

Terkait nama-nama yang diusulkan, Idham Kadir masih enggan membahas lebih jauh. Dirinya hanya memastikan nama usulan merupakan Pejabat Tinggi Pratama atau Eselon II. Mekanisme penentuan Pj Kepala Daerah melalui usulan Pemerintah Provinsi, DPRD dan Kemendagri. Masing-masing instansi mengirim 3 nama usulan calon kepala daerah. Nantinya, penentuan nama Pj kepala daerah ditentukan melalui rapat Tim Penilai Akhir (TPA).

Sementara itu, sejumlah partai di DPRD Luwu juga belum punya jagoan. Wakil Ketua Bidang Organisasi Golkar Luwu, Zulkifli, mengaku hingga saat ini pihaknya masih menunggu petunjuk teknis terkait pengusulan nama. ” Kami belum ada nama untuk diusul. Pembahasannya belum masuk ke sana. Karena kita juga akan rapatkan di fraksi dan meminta petunjuk dari Ketua DPD II Partai Golkar,” kata Zulkifli yang juga Wakil Ketua DPRD Luwu ini. (*)

ADVERTISEMENT