Pemprov Sulsel Gelontorkan 200 Miliar untuk Jalur Bua-Rantepao

486

LUWU — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) mengucurkan anggaran sebesar Rp200 Miliar untuk pembangunan jalan dari Bua, Luwu, menuju Rantepao, Toraja Utara, yang panjangnya mencapai 53 kilometer.

Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah, mengatakan, anggaran Rp 200 miliar tersebut diketahui bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi, APBD Kabupaten, dan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Untuk pembukaan dan pelebaran jalan tersebut, sudah menelan biaya sebesar Rp40 Miliar. Saat ini, progresnya sudah mencapai 50 persen.

“Ini sudah 50 persen, tapi yang kita syukuri aksesnya juga sudah mulai luas jalannya. Memang tadi cukup ekstrem karena habis hujan,” ujarnya kepada awak media, saat beristirahat sejenak sebelum memasuki perbatasan, Luwu dengan Toraja Utara, Kamis 21 November 2019.

Soal target penyelesaian, Nurdin Abdullah memperkirakan, akan selesai tahun ini untuk pembukaan dan pelebaran, sementara untuk aspalnya ditaksir akan dimulai tahun 2020. (Iys)