Pemprov Sulsel Siap Dukung Program Kostratani dan Sikomandan

49

MAKASSAR-Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemrov Sulsel), siap membangun sinergitas dan mendukung program pemerintah pusat khususnya dalam bidang peternakan.

Hal tersebut, dikatakan oleh Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman saat menghadiri Rapat Kordinasi (Rakor) Penyakit Hewan Menular dan Laboratorium wilayah Kerja Balai Besar Veteriner Maros tahun 2020, di Swiss Bellhotel, Senin, (24/2).

“Tentu kami dari pemerintah provinsi siap mendukung dan bersinergi dengan pemerintah pusat,” ucap Alumni Teknik Unhas Makassar dalam rilisnya ke Redaksi Koran Seruya, Selasa (25/2/2020).

Adik mantan Menteri Pertanian, Amran Sulaiman ini, juga berharap agar rakor tersebut, nantinya mampu memberi masukan terkait, perencanaan-perencanaan untuk Sulsel termasuk di bidang peternakan maupun di bidang masalah standarisasi untuk Rumah Potong Hewan (RPH).

“Kami berharap agar Rakor ini berjalan dengan baik, dan memberikan masukan ke Pemerintah Daerah (Pemda) sebagai bahan pertimbangan arah pembangunan kedepan,” harapnya.

Diketahui, Rakor yang berlangsung selama tiga hari itu, mengangkat tema Strategi Pengendalian Penyakit Hewan Menular Strategis untuk Mendukung Program Nasional Kostratani dan Sikomandan Melalui Pendekatan Kesehatan Semesta.

Hadir dalam Rakor yakni Arif Wicaksono Sub Direktorat Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit, Kepala Balai Besar Veteriner Maros Risman Mangidi.

Serta para kepala dinas peternakan dan kesehatan di Sepuluh provinsi wilayah Indonesia Timur, para kepala UPT Lingkup Kementerian Pertanian RI, dan para kepala Karantina Pertanian wilayah Indonesia Timur.

Sementara ketua Panitia, Risman Mangidi mengatakan jika rapat koordinasi ini, dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya, dengan menghadirkan 10 Pemerintah Provinsi sampai tingkat kabupaten.

“Rapat ini, dalam rangka untuk mencoba beberapa program baik dari program di kementerian Pertanian, terkait masalah kesehatan hewan bersama dengan teman-teman yang hadir hari ini di wilayah timur,” tukasnya. (Sya)