Pemuda Palopo Ini Raup Jutaan Rupiah dari Bisnis Wallpaper

4069
Muh. Putra, Owner Istana Wallpaper
Muh. Putra, Owner Istana Wallpaper
ADVERTISEMENT

PALOPO–Istana Wallpaper adalah usaha yang menyediakan jasa menghias dinding dengan berbagai macam ornamen. Usaha itu digeluti Muh. Putra sejak dua tahun lalu. Modal utama pemuda itu adalah kemauan dan kerja keras.

Berawal dari penjualan stiker hingga merambah Walpaper, Putra kini dapat menghasilkan jutaan rupiah dalam sebulan. Istana Wallpaper juga menyediakan desain dan motif menarik bagi dinding rumah.

ADVERTISEMENT

“Awalnya usaha yang saya geluti adalah penjualan sticker. Namun ketika saya browsing di Internet, saya melihat ada usaha wallpaper dinding yang cukup menguntungkan. Akhirnya saya berusaha mempelajari wallpaper dinding. Setelah tahu dan mahir memasang wallpaper dinding dengan baik akhirnya saya berani untuk membuka usaha wallpaper dinding,” kata Putra beberapa waktu lalu.

Putra menyediakan tiga jenis wallpaper bagi pelanggannya, yaitu wallpaper stiker, vinyl, dan custom. Untuk wallpaper sticker ini menggunakan bahan plastik dan kertas. Untuk wallpaper stiker sudah diberi lem, sehingga pemasangannya cukup mudah dan cepat. Biayanya mulai dari 110 ribu per roll. wallstiker juga bisa dijual per pcs dengan harga Rp 30 ribu per pcs.

ADVERTISEMENT

Jenis vinyl merupakan wallpaper yang umum digunakan di ruangan kantor atau rumah karena motifnya yang menarik. Wallpaper jenis ini tidak mudah rusak dan lembab atau dengan kata lain keawetannya bisa diandalkan. Untuk tarif penjualan serta pemasangannya tergantung dari ketebalan, motif serta merek yang digunakan. Dimulai dari Rp 160 ribu per roll.

Selain itu, ada juga custom. Untuk jenis ini cukup menarik karena desainnya bisa disesuaikan dengan keinginan pelanggan baik berupa pemandangan, bunga ataupun foto. Tarif pemasangan serta penjualan wallpaper custom ini yakni Rp 200 ribu per meter.

ADVERTISEMENT

Putra mengaku penghasilan yang ia dapatkan dari usahanya mencapai Rp 2-5 juta perbulan. Namun, pada waktu tertentu penghasilannya dapat berlipat ganda. Seperti saat mendekati hari raya keagamaan.

Untuk menjalankan usahanya, Putra mempekerjakan 5 orang karyawan yakni 1 bagian marketing ditambah 4 orang bagian pemasangan wallaper. Untuk kedepannya selain pemasangan wallpaper dinding, pemasanganngan wallpaper ini juga akan dilakukan pada media kaca. (jun/liq)

ADVERTISEMENT