Pencak Silat Palopo Tuai Prestasi Nasional

916
Pencak silat Palopo saat tampil di Turnamen Nasional Pencak Silat UNM Cup II.
ADVERTISEMENT

MAKASSAR — Cabang olahraga Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Palopo kembali meraih prestasi gemilang pada Turnamen Nasional Pencak Silat Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) pada UNM CUP II yang berlangsung di Makassar.

Hal ini disampaikan Sekretaris IPSI kota Palopo, Suparni Sampetan Senin (22/10/18). Menurut Spartan panggilan akrab Suparni Sampetan, pada kegiatan yang berlangsung selama enam (6) hari ini dilksanakan di kampus FIK UNM Banta Banteng Kota Makassar, pada 15-21 Oktober 2018.

ADVERTISEMENT

BACA JUGA :RMB Tantang Alumni STIEM Manfaatkan Program ‘Siapa Mau Kerja Apa’

Pada turnamen tingkat nasional tersebut IPSI Kota Palopo berhasil meraih beberapa juara, diantaranya pada kelas pelajar A Palopo meraih emas, atas nama Ashari Alang yang merupakan siswa SMAN 1 Palopo.

ADVERTISEMENT

Sementara untuk kelas mahasiswa, Palopo juga kembali menjuarai kelas tersebut dan berhasil meraih medali emas, atas nama Safrillah Syam yang merupakan mahasiswa STKIP Muhammadiyah pada kelas E tanding putra.

Selain itu, lanjut Spartan, IPSI Kota Palopo juga maraih medali perak pada ada kelas seni tunggal putra atas nama Muhammad Amar Ma’ruf yang merupakan siswa SMAN 3 Palopo, yang juga anak dari Ketua Tapak Suci Palopo, Salju.

Pada kelas pelajar seni tunggal putri, Kota Palopo juga berhasil meraih medali perunggu, yang berhasil diraih siswi SMAN 3 Palopo atas nama Safirah Sultan. Di kelas Mahasiswa, selain medali emas, pesilat Kota Palopo juga menyumbang perak pada kelas tanding A putra atas nama Muhammad Akil yang juga mahasiswa STKIP Muhammadiyah Palopo.

BACA JUGA :Ketua STIEM Palopo Berganti, Hapid : Jangan Melihat Pribadi Saya

Menurut, Spartan, dengan persiapan apa adanya dan ketidaktersediaan anggaran dari KONI, IPSI Palopo tetap optimis dan akhirnya membuktikan kalau cabor silat mampu memperlihatkan prestasi mereka. “Kita berharap kiranya pemerintah dalam hal ini KONI Kota Palopo bisa lebih memperhatikan para atlit khususnya Silat Kota Palopo agar para atlit mampu lebih bersaing pada ajang yang lebih tinggi,” harap Spartan.

Sementara itu, pelatih IPSI Kota Palopo, Hasri pada kesempatan yang sama juga mengungkapkan kegembiraan atas prestasi yang diraih anak didiknya. Menurutnya dengan minus anggaran sekalipun IPSI tetap membuktikan prestasi yang dimiliki.

Lanjutnya, saat ini IPSI Kota Palopo juga mengutus salah satu atlit IPSI yang mengikuti Pekan Olah Raga Pelajar Tingkat Wilayah (POPWIL) di Nusa Tenggara Barat yang akan dilaksanakan pada 22-28 Oktober 2018. Atas nama Andika Putra Yang merupakan siswa SMKN 1 Palopo. “Keberangkatan Andika pada ajang tersebut mewakili Provinsi Sulawesi selatan, dan kita berharap Andika mampu mempersembahkan yang terbaik bagi Kota Palopo,” tandasnya. (asm)

ADVERTISEMENT