Pencanangan Vaksin Covid-19, Begini Arahan Wawali dan Kadinkes Palopo

93
ADVERTISEMENT

PALOPO–Pencanangan vaksin covid-19 tingkat kota palopo digelar di RSUD Sawerigading, Senin, 1 Februari 2021.

Pada pencanangan itu dilakukan penyuntikan vaksin covid-19 pertama kepada wakil Walikota Palopo, DR Ir H Rahmat Masri Bandaso, yang kemudian diikuti unsur Forkopimda kota Palopo, sekretaris daerah, tokoh pemuda, kepala kantor kementerian agama, dan sejumlah pimpinan perangkat daerah dan tenaga kesehatan kota Palopo.

ADVERTISEMENT

Plt Kadis kesehatan, Taufiq, pada kesempatan itu mengatakan, vaksin tersebut merupakan program pemerintah pusat yang tentu menjadi harapan kita semua untuk memutus penyebaran covid-19, terutama di kota palopo yang sama-sama kita cintai ini.

“Vaksin sudah kita terima melalui Satgas provinsi pada hari Jumat 28 Januari 2021. Kita sudah terima dengan jumlah 4.720. Ini diperuntukkan untuk tahap pertama, berdasarkan Juknis yang ada, dan untuk tahap pertama ini diperuntukkan untuk tenaga kesehatan.

ADVERTISEMENT

Di Palopo ini (tenaga kesehatan) kita punya target 2.050 dan semua ini sudah terdaftar untuk divaksin,” ungkap Taufiq.

Taufiq melanjutkan, hari ini, kita canangkan sekaligus memberikan sosialisasi, memberikan keyakinan kepada seluruh masyarakat bahwa pemerintah menjamin terkait dengan keamanan vaksin covid-19.

“Pencanangan vaksin hari ini kita laksanakan di RSU Sawerigading selama satu hari ini dan tentu 14 hari kemudian kita akan divaksin ulang kembali. Dan tempatnya akan kita sampaikan kemudian, rencananya akan dilakukan di dinas kesehatan,” jelas Taufiq.

Sementara itu, Walikota Palopo, dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan wakil walikota, mengungkapkan bahwa pelaksanaan vaksinasi covid-19 dalam rangka penanggulangan pandemi covid-19 dilakukan tidak hanya dari sisi penerapan protokol kesehatan, namun juga intervensi vaksinasi sebagai bagiannya upaya pencegahan dan pengendalian covid-19.

Pada kesempatan itu juga, walikota  menghimbau untuk kita semua agar tetap dan selalu disiplin dalam penerapan protokol kesehatan bagi kita dan keluarga.

“Pemberian vaksinasi tidak mengganti protokol kesehatan, karena itu, maka mari kita sukseskan pelaksanaan vaksinasi covid-19 dan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ungkap walikota disampaikan RMB.

“Selain itu tetap menjaga daya tahan tubuh denga perilaku hidup sehat, mengkonsumsi makanan yang sehat, dan berolahraga. Karena kondisi tubuhbyangblemah menyebabkan penyakit mudah menyerang, tidak hanya covid, namun penyakit lainnya,” jelasnya.

(hms)

ADVERTISEMENT