Pendidikan Tidak Kenal Usia, Pesan Kepala SMP Negeri 7 Palopo di Peringatan Hardiknas

88
ADVERTISEMENT

PALOPO – Dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional (hardiknas) tahun 2023, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 7 Palopo melaksanakan upacara bendera, Selasa 2 mei 2023.

Upacara ini serentak dilaksanakan oleh semua satuan pendidikan di kota palopo berdasarkan instruksi wali kota palopo dalam hal ini diteruskan melalui dinas pendidikan.

ADVERTISEMENT

Sama halnya dengan satuan pendidikan lain, pihak SMP Negeri 7 Palopo juga mengenakan baju adat saat pelaksanaan upacara bendera.

Makna penggunaan baju adat adalah meski terdapat perbedaan tapi kita adalah satu bangsa indonesia berbeda-beda tetapi tetap satu (Bhinneka Tunggal Ika)

Kepala SMP Negeri 7 Palopo, Ipik Jumiati mengatakan, salah satu edukasi yang dapat diambil adalah pendidikan tidak mengenal batas usia.

“Edukasinya bahwa pendidikan itu tidak mengenal batas usia, bahwa setiap orang berhak untuk memperoleh pendidikan yang layak, mereka harus berkembang sesuai kodratnya,” katanya.

“Seperti yang disampaikan oleh bapak ki hajar dewantara bahwa setiap manusia itu merdeka untuk belajar, bebas untuk menentukan pilihan dan arah hidupnya, jadi anak-anak harus ditanamkan bagaimana agar mereka sadar akan arti pendidikan kedepannya dikemudian hari,” ujarnya.

“Harapan kedepannnya semoga smp 7 ini bisa menghasilkan peserta didik yang berprestasi yang memiliki potensi kreativitas, sehingga mereka akan menjadi generasi bangsa yang lebih tangguh, kuat dan cerdas,” jelasnya. (Dzul/Nad)

ADVERTISEMENT