Penerima Insentif Dituntut Bekerja Maksimal

1154
Walikota Palopo, HM Judas Amir.
ADVERTISEMENT

PALOPO — Walikota Palopo, HM Judas Amir meminta kepada para penerima insentif di Kota Palopo untuk memaksimalkan kinerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) masing-masing.

Pemberian insentif kepada sejumlah jabatan kemasyarakatan di Palopo merupakan wujud perhatian pemkot. Bahkan mengalami peningkatan setiap tahunnya. Tetapi harus dibarengi kinerja. Tidak asal terima.

“Khusus untuk para ketua RT/RW, harus bekerja maksimal. Kalau lingkungannya jorok, bisa jadi tidak diberi insentif lagi nantinya,” kata HM Judas Amir kepada Koran SeruYA.

HM Judas Amir menjelaskan, Ketua RT maupun Ketua RW adalah mitra pemerintah di kelurahan, di mana mereka memiliki tugas yang sangat penting dalam melayani masyarakat di tingkat bawah. Termasuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan.

ADVERTISEMENT

“Jadi, tugas dan peran para Ketua RT/RW sangat besar bagi masyarakat. Sudah sepantasnya, pemerintah memberikan perhatian serius bagi kesejahteraan mereka, sehingga menaikkan insentifnya dari Rp150 ribu per bulan menjadi Rp400 ribu. Ini merupakan bentuk perhatian kita kepada Ketua RT, RW dan LPMK,” katanya.

Dikatakannya, insentif sebesar Rp400 ribu tersebut jika ditilik dari kian meningkatnya kebutuhan hidup sehari-hari, mungkin tidak secukup atas kerja keras yang telah dilakukan mereka. Tapi tegas Judas Amir, dengan kenaikan insentif tersebut, setidaknya sudah dapat menggambarkan perhatian pemerintah. “Semoga bisa menjadi semangat bagi mereka,” pungkas Judas Amir.

Masih kata Judas, warning ini bukan hanya untuk ketua RT/RW saja, tetapi juga penerima insentif lainnya. “Yang lain juga, yang menerima insentif dari pemerintah. Harus menunjukkan kinerjanya. Saya kira seperti itu,” tandasnya.

Pada Jumat (12/10/18) lalu, walikota diwakili Sekda, Jamaluddin Nuhung menyerahkan insentif triwulan ketiga kepada 723 ketua RT, 244 RW dan 48 Ketua LPMK se-Kota Palopo. Penyerahan insentif dilakukan di gedung Kantor Walikota Palopo.

Jamaluddin mengajak para petugas RT/RW dan LPMK untuk mensyukuri kebijakan pemerintah Kota Palopo menyalurkan insentif bagi mereka. Menurutnya, dengan pemberian insentif tersebut para abdi masyarakat tersebut diharapkan makin termotivasi dan bersemangat dalam rangka memberi pelayanan serta peduli terhadap warganya masing-masing.

Sekda juga mengajak kepada RT/RW dan LPMK agar bersama-sama pemerintah mencegah terjadinya ancaman penyebaran paham radikalisme di wilayahnya dan sejumlah penyakit sosial yang meresahkan.

“ Pemerintah juga mengapresiasi kepada seluruh RT/RW yang telah memberi partispasi yang tinggi sehingga pelaksanaan pemilukada 2018 di Kota Palopo dapat berjalan aman dan damai,” sebut mantan kepala Insepktorat itu. (asm)

ADVERTISEMENT