Penetapan Nomor Urut Paslon, KPU Lutim Berlakukan Protokoler Kesehatan Secara Ketat

193
ADVERTISEMENT

MALILI–Proses penetapan nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur di Pilkada 2020, Kamis (24/9/2020) di kantor KPU Luwu Timur diwarnai penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Komisioner Divisi Teknis KPU Luwu Timur, Muh Abu kepada awak media, mengatakan, pasangan calon Husler-Budiman dijadwalkan akan hadir saat penetapan nomor urut. Untuk itu, ia meminta agar Paslon dan timnya menaati aturan yang sudah dibuat dan disepakati bersama.

Hal ini, kata Muh Abu, mengacu pada PKPU nomor 13 tahun 2020 tentang perubahan kedua atas PKPU no 6 tahun 2020 tentang pelaksanaan pemilihan gubernur, wakil gubernur, bupati dan wakil bupati dan/atau walikota dan wakil walikota serentak lanjutan dalam kondisi bencana non alam Covid-19.

“Jadi yang boleh hadir nanti cuma Paslon yakni M Thoriq Husler-Budiman, LO satu orang serta Bawaslu dua orang,” kata Abu, Kamis siang (24/9).

ADVERTISEMENT

Sementara itu, Sekretaris KPU Luwu Timur, Rahmansyah turut menambahkan, perwakilan partai pengusung dan istri Husler-Budiman tidak ikut mendampingi.

“Berdasarkan PKPU nomor 13, wajib menerapkan protokol kesehatan, pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease,” jelas Manca, sapaan akrabnya.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Diketahui, bakal pasangan calon lainnya, yakni Irwan Bachri Syam (Ibas) – Andi Muh Rio Patiwiri baru akan menjalani pemeriksaan kesehatan di RS Wahidin Sudirohusodo.

Menurut Hastuti, Komisioner Divisi Data dan Informasi KPU Lutim, “KPU Luwu Timur sudah menerima jadwal pemeriksaan kesehatan untuk IBAS-RIO. Ia dijadwalkan tes kesehatan pada tanggal 25 dan 26 September 2020,” pungkas Hastuti.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Ibas tidak hadir saat proses pendaftaran tanggal 5 September 2020 lalu. Ia didakwa terpapar Covid-19 pada saat itu.

Tapi saat ini, wakil bupati Lutim itu sudah dinyatakan negatif Covid-19 dan segera mengikuti proses pemeriksaan kesehatan di RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar.

Pasangan Husler-Budiman dalam Pilkada Lutim ini diusung oleh Golkar (7 kursi), Gerindra (4 kursi), PAN (4 kursi), PDIP (3 kursi) Hanura (3 kursi), PKB, PBB dan PKS masing-masing 1 kursi. (*/rah)

ADVERTISEMENT