Pengamat Irigasi Lutim Wakili Sulsel Lomba Pemilihan Petugas OP

535
ADVERTISEMENT

LUTIM – Sugiyono, salah satu Pengamat Irigasi asal UPT Ranting pengamat Kalaena II sukses melaju ke lomba tingkat Nasional tersebut mewakili Sulsel. Saat ini, Kabupaten Luwu Timur menjadi satu-satunya perwakilan dari Sulsel setelah mengikuti pemaparan di Kupang, Nusa Tenggara Timur, pada 16 sampai 20 Juli lalu.

Penyelenggaraan Lomba atau Pemilihan Petugas Operasi dan Pemeliharaan (OP) ini sendiri merupakan yang ke-11 dan diselenggarakan Inspektorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR.

Oleh karena itu, menindaklanjuti hasil tersebut, Tim penilai dari Visitasi Lapangan Lomba petugas operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi dan rawa teladan tingkat nasional 2018 turun ke lapangan untuk melihat hasil kerja dan manajemen organisasi secara langsung.

Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Kabupaten Luwu Timur, Askar, didampingi Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Luwu Timur, Dohri Asari, menerima Tim penilai lomba petugas operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi dan rawa teladan tingkat nasional 2018, Dr. Syamsudin Mansur beserta dua orang rekannya, Ir. Djito dan Ir. Risal Siregar di Kantor Ranting Pengamat Kalaena II Kecamatan Burau, Kabupaten Luwu Timur, Rabu (12/09/2018).

ADVERTISEMENT

Askar, yang mewakili Bupati Luwu Timur dalam sambutannya mengatakan, berhasil tidaknya pengelolaan jaringan irigasi ini tidak terlepas keikutsertaan partisipasi aktif masyarakat petani untuk membantu sistem pengelolaan dan pemanfaatan jaringan irigasi sehingga dapat berkontribusi terhadap pendapatan petani.

“Kami berharap melalui visitasi ini, ada saran dan masukan untuk meningkatkan perbaikan jaringan irigasi agar lebih baik lagi,” jelasnya.

ADVERTISEMENT

Lebih lanjut, terpilihnya pengamat jaringan irigasi teladan Kabupaten Luwu Timur ini, mewakili Sulsel ditingkat Pusat, melalui seleksi yang cukup ketat mengingat lomba Tingkat Juru Jaringan irigasi menjadi ajang kompetisi bergengsi bagi semua Kabupaten/Kota dan Provinsi.

Kembali ditetapkan Sulsel yang diwakili Kabupaten Luwu Timur masuk dalam nominasi terbaik (diurutan kedua) sementara, dibawah Provinsi Sulteng dan mengungguli wakil dari Provinsi NTT.

“Kita berharap, Pengamat Irigasi Kabupaten Luwu Timur dapat meraih peringkat terbaik pertama,” ujarnya. (hms/ikp/kominfo)

ADVERTISEMENT