Penghormatan Jasa untuk Pahlawan Kemerdekaan, Forkopimda Apel Kehormatan dan Renungan Suci

69
ADVERTISEMENT

PALOPO – Wali Kota Palopo, Judas Amir bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS), di Taman Makam Pahlawan (TMP) Palopo, Kamis, 17 Agustus 2023 dini hari.

Apel Kehormatan Renungan Suci suatu bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan, terkhusus kepada arwah para pahlawan kusuma bangsa di TMP ini.

ADVERTISEMENT

Upacara ini, diawali penghormatan kepada para arwah Pahlawan, pembacaan naskah apel renungan suci oleh inspektur upacara, dilanjutkan mengheningkan cipta dan doa kepada para pahlawan, dalam prosesnya semua berlangsung dengan khidmat.

Upacara tersebut dipimpin, Ahmad ismail. Dia mengungkapkan, apel kehormatan dan renungan suci, sebagai bentuk rasa hormat yang sebesar besarnya atas kesetiaan, keberanian dan kesucian pengorbanan sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kemerdekaan negara dan bangsa.

ADVERTISEMENT

“Rasa hormat yang sebesar besarnya atas kesetiaan, keberanian dan kesucian pengorbanan sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kemerdekaan negara dan bangsa Indonesia,” ujarnya.

“Para pahlawan kusuma bangsa di TMP Palopo, yakni TNI berjumlah 386 orang, Polri 31 orang, Pejuang Sipil berjumlah 20 orang, Pejuang Rakyat 200 orang serta Pahlawan tak dikenal berjumlah 30 orang, semoga Allah memberikan rahmat-Nya kepada mereka semua,” ungkapnya.

ADVERTISEMENT

AKRS atau apel kehormatan renungan suci, salah satu bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan. (Dzul)

ADVERTISEMENT