Pengurus Pusat IKA PMDS Palopo Dikukuhkan

351
Keluarga besar Pesantren Modern Datok Sulaiman Palopo (PMDS) melaksanakan Peringatan 1 Muharram 1444 H dan dirangkaikan dengan Pengukuhan Pengurus Pusat IKA PMDS Palopo Periode 2022-2025, Sabtu 30 Juli 2022. (Ayun Sadega)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Keluarga besar Pesantren Modern Datok Sulaiman Palopo (PMDS) melaksanakan Peringatan 1 Muharram 1444 H dan dirangkaikan dengan Pengukuhan Pengurus Pusat IKA PMDS Palopo Periode 2022-2025, Sabtu 30 Juli 2022.

Sebelum pengukuhan alumni, para santri PMDS melakukan pawai keliling untuk memperingati 1 Muharram 1444 H.

ADVERTISEMENT

Setelah pawai keliling, Pengurus Ikatan Alumni Pondok Pesantren Modern Datok Sulaiman (Ika PMDS) Palopo periode 2022-2025 dilantik. IKA PMDS Palopo periode ini diketuai Marwal Iskandar.

Disaat yang sama, dilaunching website dan mars PMDS dilakukan. Setelah itu para pengurus IKA PMDS melakukan konsolidasi internal.

ADVERTISEMENT

Seusai melakukan peringatan 1 Muharram dan pengukuhan Ika PMDS, Ketua Umum Yayasan PMDS Palopo, KH Syarifuddin Daud menyatakan peringatan 1 Muharram hari sebagai momental yang sangat membanggakan buat pesantren.

Dia mengatakan tidak hanya warga santri yang merayakan, tapi sudah bersama alumni. Kehadiran alumni bisa berkolaborasi, berkomunikasi yang baik untuk membawa Pesantren Datok Sulaiman maju.

“Pak kiyai juga mengharapkan bahwa program kedepannya, Ika PMDS harus berkompeten baik di bidang pendidikan maupun olahraga. Salah satunya di hari santri nanti dimana, Ika PMDS Palopo membuat sebuah program pertandingan sepak bola seluruh pesantren dan Insya Allah kami akan lakukan nantinya,” ungkap Ketua IKA PMDS, Marwal Iskandar.

Marwal menambahkan, terbentuknya Ika PMDS ini bukan sekadar untuk memberikan ruang bagi alumni untuk bernostalgia, tapi Ika PMDS diharap mampu memberikan dampak besar bagi almamater. Seperti membantu meningkatkan mutu pendidikan serta mendorong kemandirian ekonomi pesantren.

“Tentu kita berharap Ika PMDS tidak menjadi ruang berkumpul kemudian masing-masing dari kita bernostalgia tentang masa lalu. Kita ingin alumni berkontribusi lebih untuk pesantren, terutama yang berkaitan dengan kualitas pendidikan dan kemandirian ekonomi pesantren,” tandasnya. (ayb)

ADVERTISEMENT