Penyakit Mulut Kuku pada Hewan Sudah Merambah ke Luwu

261
Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan mulai merambah di Kabupaten Luwu. (Foto: Ist/Rachmad koranseruya)
ADVERTISEMENT

Belopa – Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan mulai merambah di Kabupaten Luwu. Hal tersebut dikatakan Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Luwu, Alimus. Ia mengatakan bahwa sebanyak 30 ekor hewan jenis kerbau terjangkit PMK.

Alimus menyebut, awal mula masuknya PMK di Luwu berasal dari seekor kerbau dari Toraja Utara dibawah ke Bastem untuk keperluan acara adat.

ADVERTISEMENT

“Ada kerbau dari Toraja Utara yang sudah terjangkit penyakit kuku dan mulut masuk ke Bastem Luwu untuk acara adat disana. Sebelum disembelih, kerbau tersebut dipelihara selama beberapa hari,” kata Alimus, Selasa (26/7/2022).

Terjangkitnya PMK pada 30 ekor kerbau itu, kata Dia, yakni 7 ekor di Desa Maindo, 10 ekor di Desa Dampan, 3 ekor di Desa Uraso dan 10 ekor di Desa Pantilang.

ADVERTISEMENT

Lanjut ia mengatakan, saat ini pihaknya melalui Dinas Pertanian melakukan pencegahan penularan penyakit tersebut, dengan melakukan penyemprotan disinfektan.

“Sudah dilakukan isolasi pada kerbau yang sudah terjangkit dan diberikan vitamin, antibiotik untuk mencegah penularan ke hewan lainnya,” jelas Alimus.

ADVERTISEMENT

Langkah pencegahan selanjutnya, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan pemerintah juga melibatkan Kapolsek, Danramil dan para Kepala Desa setempat. (Mat)

ADVERTISEMENT