Perang Terhadap Hoaks, Ormas se-Luwu Utara Gelar Workshop

432
Asisten Bidang Administrasi Umum, Muhammad Kasrum, saat memberikan sambutan di acara Workshop Ormas 2018, Selasa (27/11), di Aula Hotel Remaja Indah Masamba.

Masamba — Aliansi Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Organisasi Kepemudaan (OKP)
bekerja sama dengan Badan Kesbangpol Luwu Utara menggelar Workshop Ormas 2018, Selasa (2711), di Aula Hotel Remaja Indah Masamba. Workshop ini mengangkat tema “Peran Ormas Dalam Memerangi Hoaks, Narkoba dan Radikalisme serta Menciptakan Pemilu Damai 2019”.

Workshop ini dibuka Bupati Luwu Utara melalui Asisten Administrasi Umum Muhammad Kasrum, dan dihadiri Wakapolres Luwu Utara Kompol Amir Majid, Kaban Kesbangpol Enyon, Kadis Kesehatan A.M. Nasrum, Staf Ahli Hakim Bukara, Kepala Kemenag Usman, Komisioner KPU Suprianto, Ketua KNPI Suharto serta seluruh ormas dan OKP se- Luwu Utara.

Kasrum dalam sambutannya sangat menekankan pentingnya membangun kerjasama dan sinergi antara pemerintah daerah dan organisasi kemasyarakatan yang ada. “Pemberdayaan ini diharapkan menjadi cikal bakal terjalinnya sinergi antara ormas dan pemerintah di dalam mengatasi masalah bangsa yang ada saat ini,” ujar Kasrum di hadapan 100 peserta workshop.

Kasrum menambahkan, peran dan tanggungjawab dalam upaya memerangi berita hoaks, narkoba, dan radikalisme, utamanya dalam menciptakan pemilu damai, adalah bukan semata-mata tanggung jawab pemerintah dan aparat keamanan, melainkan tanggung jawab seluruh elemen masyarakat, utamanya ormas-ormas yang ada. “Semua elemen masyarakat harus dapat mencegah masalah bangsa dan mampu menjaga keutuhan NKRI,” katanya.

“Mari kita senantiasa menjaga toleransi, kerukunan dan kedamaian, sehingga terwujud persatuan dan kesatuan yang kokoh, kuat dan tidak mudah terpecah belah oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab agar terwujud suasana hidup yang kondusif, aman, damai dan harmonis, terutama di dalam menghadapi pemilu 2019 mendatang,” harap Kasrum.

Sementara Ketua Panitia Amiruddin dalam sambutannya mengatakan, ormas mempunyai peran strategis dalam menjaga stabilitas politik dan kamtibmas dalam upaya mengatasi masalah hoaks, narkoba, radikalisme dan menciptakan Pemilu Damai 2019. “Kita berharap ormas-ormas yang ada, pemerintah dan aparat keamanan, dapat bersinergi dengan baik dalam menghadapi berbagai masalah bangsa,” kata Amiruddin.

Sebelumnya, Kaban Kesbangpol Enyon, merespon pola-pola kerjasama yang dibangun selama ini antara pemerintah, ormas dan pihak-pihak terkait lainnya. “Kegiatan ini sasarannya adalah ormas, maka dari itu pelaksanaanya nanti juga diharapkan dari teman-teman ormas, dan alhamdulillah teman-teman ormas sangat antusias. Semoga ke depan, kita masih dapat bekerja sama lagi,” harap Enyon. (man)