Perangkat Daerah di Luwu Utara Diminta Aktif Tingkatkan Konsumsi Ikan Masyarakat

50
Rapat Pembentukan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan), Selasa (19/4/2022)
ADVERTISEMENT

Luwu Utara — Ikan adalah salah satu sumber protein yang paling baik dikonsumsi karena memiliki daya serap yang lebih baik dibanding sumber protein lainnya seperti daging sapi dan ayam. Tingginya protein ikan bermanfaat untuk tumbuh kembang anak.

Kendati demikian, mengonsumsi ikan menjadi tantangan tersendiri, karena tak sedikit juga masyarakat malah kurang tertarik untuk makan ikan, disebabkan beberapa alasan. Tantangan ini menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah.

ADVERTISEMENT

Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Luwu Utara selaku Perangkat Daerah (PD) yang memiliki tugas dan tanggung jawab meningkatkan konsumsi ikan berkomitmen agar konsumsi ikan di Luwu Utara terus meningkat.

Hanya saja, DPKP tak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan Perangkat Daerah lainnya untuk bersama-sama menggelorakan konsumsi ikan melalui rancangan program di Perangkat Daerah masing-masing. Kolaborasi menjadi sangat penting.

Kepala DPKP, Muharwan, menyebutkan, target konsumsi ikan di Luwu Utara tahun ini 59,9 kg per kapita per tahun. Sementara target nasional 61 kg per kapita per tahun. Untuk itu, dia berharap kerjasama PD lain untuk memenuhi target tersebut

“Kita terus mengimbau dan mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk memperbanyak mengonsumsi ikan,” kata Muharwan, saat memimpin Rapat Pembentukan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan), Selasa (19/4/2022), di Ruang Kerjanya.

Melalui Forikan, semua PD yang terlibat dalam kepengurusan diharap memberi kontribusi dalam peningkatan konsumsi ikan. “Kewajiban kita mengampanyekan gemar makan ikan dengan menjadikan makan ikan sebagai gaya hidup sehari-hari,” tandasnya.

Beberapa PD yang terlibat dalam kepengurusan Forikan 2022 – 2024 adalah Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Kominfo, Disporapar, Dinas Transnaker, Dinas Sosial, DP2KUKM, Dinas Pertanian, DP3ADP2KB, serta Tim Penggerak PKK Kabupaten.

PD yang masuk Pengurus Forikan diharap berkontribusi melalui program kerja yang menyentuh substansi terkait peningkatkan konsumsi ikan masyarakat. Pembagian tugas ini sudah sesuai dengan PermenKP Nomor 7 Tahun 2011 tentang Forikan.

Turut hadir dalam rapat ini, Ketua TP-PKK Luwu Utara Ny. Rahmah Nursaid Suaib Mansur, Kadis Kominfo Arief R. Palallo, Sekretaris DP2KUKM Hasruddin Kujje, Sekretaris Transnaker Mansur, serta perwakilan masing-masing Perangkat Daerah. (***)

ADVERTISEMENT