Peringati Hari Jadi IDI ke 70, IDI Luwu Gelar Seminar Kesehatan

114
ADVERTISEMENT

BELOPA – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) adalah satu-satunya organisasi profesi bagi dokter di seluruh wilayah Indonesia sebagaimana termaktub dalam Undang-Undang Praktik Kedokteran No.29 tahun 2004.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Berakar dari organisasi perkumpulan dokter di zaman penjajahan Belanda dahulu dengan nama Vereniging van Indische Artsen, organisasi ini terus berkembang mengikuti kondisi geopolitik Indonesia hingga akhirnya pada tanggal 24 Oktober 1950 resmi berganti nama menjadi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sampai sekarang.

ADVERTISEMENT

Pada Sabtu 24 Oktober 2020, bertepatan dengan hari jadi IDI ke-70, Ikatan Dokter Indonesia Cabang Luwu bekerjasama dengan BPJS Cabang Palopo menggelar seminar kesehatan bertajuk “Tatalaksana Diabetes Mellitus, Hipertensi, dan Penyakit Jantung” yang dilaksanakan secara daring.

“Demi meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Indonesia, setiap dokter memiliki tanggungjawab untuk selalu belajar dan memperbarui ilmu yang dimilikinya. Hal inilah yang menjadi latar belakang dilaksanakannya kegiatan seminar kesehatan dalam rangka peringatan hari jadi IDI ke 70 yang kami laksanakan ini”, ungkap dr. Alauddin Jusuf, M.Kes, Sp.An., Ketua IDI Cabang Luwu.

ADVERTISEMENT

Dimoderasi oleh dr. Ilzy Jum Ahmad, kegiatan seminar kesehatan dalam rangka HUT IDI ke 70 ini membahas 3 jenis penyakit yang angka penderitanya di Kabupaten Luwu selalu bertambah setiap tahun yaitu Diabetes Mellitus, Hipertensi, dan Penyakit Jantung. Penyakit-penyakit tersebut patut mendapat perhatian serius karena dapat mempengaruhi kualitas hidup penderitanya.

“Kami bersyukur kegiatan seminar daring yang pertama kali IDI Cabang Luwu selenggarakan ini dapat berjalan dengan baik. Sekitar 70 dokter yang berasal dari dalam maupun luar daerah Kabupaten Luwu turut berpartisipasi secara aktif selama kegiatan berlangsung”, ungkap dr. Jaslyanti Ahmad, Ketua panitia pada kegiatan tersebut.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

4 dokter dengan kepakaran di bidangnya masing-masing hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini, diantaranya dr. Alauddin Jusuf, M.Kes., Sp.An. dengan materi “Etika Profesi Kedokteran”, dr. Rosnawary, M.Tr.Adm.Kes. dengan materi “Patient Safety”, dr. Sostro Mulyo, Sp.PD. dengan materi Diabetes Mellitus, Hipertensi dan Penyakit Jantung, serta dr. Rosdiana, MARS, Sp.GK dengan materi Intervensi Nutrisi pada penyakit terkait.

Pada seminar daring ini juga disampaikan materi sosialisasi yang dibawakan oleh Kepala BPJS Cabang Palopo, Subhan, S.K.M., M.Kes.

“Sesuai dengan tema HUT IDI tahun ini yaitu IDI Untuk Indonesia, Saya berharap seluruh anggota IDI khususnya IDI Cabang Luwu dapat terus menjaga semangat perjuangan untuk meningkatkan taraf kesehatan seluruh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Kabupaten Luwu terlebih pada era pandemi seperti sekarang”, tutup dr. Alauddin Jusuf, M.Kes., Sp.An.(Ikl)

ADVERTISEMENT