Peringati Hari Jadi, Polwan Polres Palopo Bedah Rumah Warga

1289

PALOPO – Polisi Wanita (Polwan) Polres Palopo melakukan bedah rumah milik Dg. Rewa (65), di Jalan Islamic Center, Kelurahan Takkalala, Kecamatan Wara Selatan, Jumat (31/8) siang. Giat ini dilakukan untuk memperingati hari polwan ke 70.

Kegiatan tersebut dipimpin Kabagren Polres Palopo, Kompol Yerlin Tending Kate. Sebelum diperbaiki, kondisi rumah milik Dg Rewa tidak layak huni.

“Dindingnya yang berasal dari tripleks sudah bolong. Begitupun dengan atapnya, sangat tidak layak huni,” ujar perwira satu bunga di pundak itu.

Selain bedah rumah warga, para polisi cantik itu memberikan bantuan berupa sembako ke warga. Ini dimaksudkan agar polwan Polres Palopo dapat berbagi kebahagiaan di hari jadi mereka.

“Bantuan yang kami berikan tidak seberapa, tapi semoga itu dapat bermanfaat bagi mereka,” ujarnya.

Polwan di Indonesia lahir pada tanggal 1 September 1948 di Kota Bukuttinggi, Sumatera Barat. Saat itu Pemerintah Darurat Republik Indonesia atau PDRI sedang menghadapi agresi militer Belanda untuk kedua kalinya. Hal ini menyebabkan terjadinya pengungsian besar-besaran.

Dari situlah awal datangnya ide Pemerintah Indonesia untuk menunjuk Sekolah Polisi Negara di Bukit tinggi membuka jalur Pendidikan Inspektur Polisi bagi para wanita. Olehnya itu, setiap tanggal 1 September, Indonesia memperingati hari Polwan. Sesuai dengan pertama kalinya dibukanya jalur pedidikan inspektur polisi bagi wanita. (liq)