Peringati Hari Perhubungan Darat Nasional, Dishub Lutim Gencar Sosialisasi

1044
ADVERTISEMENT

LUTIM – Dinas Perhubungan Kab. Luwu Timur gencar melakukan sosialisasi di beberapa titik se-Kabupaten Luwu Timur yang merupakan bagian dalam memperingati hari perhubungan darat Nasional yang jatuh setiap tanggal 22 November setiap tahunnya.

Sosialisasi tersebut digelar selama Seminggu di Enam kecamatan, mulai Kec. Burau, Soroako Tomoni, Towoti, Malili dan Mangkutana, Kamis (22/11).

ADVERTISEMENT

Kadis Perhubungan Lutim, Andi Makkaraka mengatakan, sosialisasi ini ada tiga tahapan yakni Sosilisasi darat, Laut serta udara yang diikuti mulai dari para pemilik kendaraan, pengemudi, anak sekolah serta masyarakat pengguna transportasi jalan.

Kegiatan tersebut dilakukan guna untuk meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya keselamatan bagi warga khususnya para pemilik pengemudi atau operator seperti kapal.

ADVERTISEMENT

Andi Makkawaru mengatakan tujuan khusus sosilisasi ini agar dapat menghasilkan para operator kapal yang handal serta mampu memberi pemahaman keoada warga akan pentingnya memiliki kedisiplinan tinggi dalam berlalu lintas baik itu di darat, laut serta udara.

Selain kegiatan Sosialisasi Dishub juga telah melakukan Diklat Pelayaran yang dimana pada tahun 2017 hingga 2018 dari kementrian perhubungan melalui politeknik ilmu pelayaran (PIP) Makassar dan balai pendidikan dan pelatihan ilmu pelayaran (BP2IP) Barombong melaksanakan program pemberdayaan masyarakat berupa diklat Basic Safety Training (BST), Security Awareness (SAT) dan Advance Fire Fighting (AFF).

“Kegiatan diklat ini diperuntukkan untuk para pemuda dan pemudi yang usianya 16 hingga 25 tahun yang berdomisili di Kabupaten Luwu Timur yang berminat bekerja di bidang pelayaran,” sebutnya

Menurut Andi Makkawaru, dalam Diklat tersebut Dishub Luwu Timur telah mengirim 178 orang peserta yang berasal dari 11 kecamatan se-Luwu Timur dan ada 20 peserta yang saat ini telah dikirim ke negara luar seperti Taiwan, Korea, dan Cina. (has/liq)

ADVERTISEMENT