Peringati Hari Sumpah Pemuda, Bupati Lutra: Pemuda Harus Berani Menatap Masa Depan

223
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani
ADVERTISEMENT

MASAMBA–Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (IDP) bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang dipusatkan di Lapangan Taman Siswa Masamba, Senin (28/10/2019), kemarin. Upacara yang berlangsung khidmat ini diikuti oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, para Siswa, dan organisasi kepemudaan, seperti KNPI.

Bupati dalam sambutan seragam Menteri Pemuda dan Olahraga Kabinet Indonesia Maju, mengatakan, Hari Sumpah Pemuda adalah momentum yang tepat bagi seluruh pemuda di Indonesia untuk menunjukkan kualitas dirinya sebagai pemuda yang memiliki karakter yang tangguh, bermoral, berkinerja, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

ADVERTISEMENT

“Kemajuan pemuda tidak akan pernah tercapai jika masa depan hanya dipandang sebagai proses lanjut yang akan tiba dengan sendirinya. Pemuda harus merespon kemajuan dengan menghargai perjuangan generasi terdahulu tanpa harus terjebak dalam kejayaan dan romantisme masa lalu. Pemuda harus berani keluar menatap masa depan,” kata Indah.

Pemuda, kata dia, harus memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi, berintegritas, jujur, santun, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas. Ia menambahkan, pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam berbagai dinamika.

“Tema Bersatu Kita Maju memang diperuntukan bagi seluruh elemen bangsa, tapi bagi pemuda, ini sebuah keharusan karena di tangan pemuda, Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia Maju adalah pemuda yang memiliki kemampuan kreativitas, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia,” tandasnya.

Selain Bupati Luwu Utara, turut hadir Kapolres Luwu Utara AKBP Boy FS Samola, unsur Forkopimda lainnya, para Asisten, para Kepala Perangkat Daerah, para Camat, dan seluruh tamu undangan lainnya. Usai upacara Sumpah Pemuda, Bupati menyerahkan penghargaan kepada 5 Perangkat Daerah terbaik dalam keterbukaan informasi publik. (*/hms/LH)

ADVERTISEMENT