Peringati HPS ke-36, Luwu Utara Cari Camat Peduli Pangan

162
DKP Lutra mengadakan rapat finalisasi HPS, Sabtu (19/10/2019), di Aula Kedai Coffee Daeng Aziz Masamba.

MASAMBA–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara (Lutra) melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) menetapkan pelaksanaan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-36 Tingkat Kabupaten pada Selasa 22 Oktober 2019.

Demikian disampaikan Kepala DKP Lutra, Alauddin Sukri, saat memimpin Rapat Finalisasi HPS, Sabtu (19/10/2019), di Aula Kedai Coffee Daeng Aziz Masamba.

Puncak HPS Tingkat Kabupaten ini bakal diisi berbagai kegiatan, mulai dari Dialog Publik, Pameran, Festival Kapurung, Pemilihan Petani Milenial, Pemilihan Duta Pangan, Pengumuman Pemenang Lomba Foto View Sagu, sampai kepada pemilihan aparatur terbaik, mulai dari PPL Terbaik, Kepala BPP Terbaik, Kades Terbaik, sampai kepada Camat Terbaik.

Yang terakhir ini menjadi menarik. Sebab, DKP sebagai leading sector kegiatan ini akan mencari camat yang memang betul-betul peduli terhadap pembangunan di sektor pangan.

“Kita ingin tahu sejauhmana peran dan kontribusi para Camat terhadap pelaksanaan pembangunan sektor pangan di Kabupaten Luwu Utara,” kata Alauddin Sukri.

Alauddin mengatakan, berbicara tentang kepedulian, para Camat tentu memiliki tingkat kepedulian yang berbeda. Ada yang peduli, tapi ada juga yang sangat peduli. Untuk itu, kata dia, melalui momentum HPS ini Camat akan diberi apresiasi.

“Pasti ada Camat yang memang pro aktif terhadap kegiatan penyuluhan di lapangan,” kata eks Kalaksa BPBD ini.

Alauddin menambahkan, pihaknya tidak akan sendiri dalam menentukan Camat Terbaik di sektor pangan. Ia terlebih dahulu meminta pandangan kepada seluruh Kepala BPP di Kecamatan. Mengingat merekalah yang paling intens melakukan interaksi dan merasakan sejauhmana tingkat kepedulian para Camat ini dalam memajukan sektor pangan.

“Yang paling aktif mengikuti kegiatan-kegiatan bersama penyuluh pertanian di lapangan tentu akan menjadi penilaian kita juga. Ini semua akan menjadi tolak ukur dalam menentukan mana Camat Terbaik,” tandasnya.

Sekadar diketahui, HPS Kabupaten yang akan dibuka Bupati Luwu Utara ini dipusatkan di Halaman Lapangan Tenis Rumah Jabatan Bupati. (hms/LH)