Perjuangan Nakes Luwu Utara Sukseskan BIAN di Wilayah Terpencil Berbuah Penghargaan Nasional

23
Penghargaan BIAN diterima Dinas Kesehatan Luwu Utara, Kamis (11/8/2022), di Hotel Claro, Makassar. (Dok. Pemkab Luwu Utara)
ADVERTISEMENT

Makassar — Tenaga kesehatan (Nakes) adalah garda terdepan dalam pemberian pelayanan di sektor kesehatan. Cita-cita tertinggi nakes adalah bagaimana pelayanan sektor kesehatan berjalan dengan baik. Selain itu, nakes juga memiliki cita-cita etis kemasyarakatan, yaitu menyehatkan masyarakat Indonesia.

Nah, bisa dibayangkan bagaimana perjuangan para nakes yang bertugas di wilayah terpencil, seperti yang dialami para nakes di Luwu Utara. Kendati demikian, wilayah penugasan bukan halangan untuk tetap mengabdi memberikan pelayanan terbaik. Terbukti, perjuangan nakes di wilayah terpencil berbuah apresiasi.

ADVERTISEMENT

Terbaru, para nakes, khususnya yang bertugas di wilayah terpencil, seperti Rongkong, Seko dan Rampi, mendapatkan apresiasi. Kerja keras nakes dalam menyosialisasikan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) berbuah penghargaan untuk Luwu Utara, yaitu Penghargaan BIAN kategori Penjangkauan Sasaran BIAN Daerah Sulit.

Penghargaan BIAN diterima Dinas Kesehatan Luwu Utara, Kamis (11/8/2022), di Hotel Claro, Makassar. Penghargaan diterima Kadis Kesehatan melalui Sekretaris Agunawan. “Apreasiasi ini diberikan kepada Luwu Utara berkat kerja keras para nakes kita dan lintas sektor dalam menyukseskan program nasional ini,” kata Agunawan.

Dikatakan Agunawan, Luwu Utara mendapat penghargaan BIAN kategori Daerah Sulit karena dinilai mampu mencapai cakupan imunisasi paling baik di wilayah-wilayah terpencil. “Apreasiasi ini diberikan karena Luwu Utara mampu bersaing dalam pencapaian imunisasi BIAN, walaupun aksesnya sangat sulit dan penuh tantangan,” jelasnya.

Untuk diketahui, Pelayanan BIAN tetap dilakukan setiap hari sesuai imbauan Kadis Kesehatan sampai 13 September 2022, dengan cara integrasi dengan vaksinasi COVID-19. Puskesmas Seko juga akan melakukan pelayanan pada medio Agustus ini. “Mohon digiatkan kembali kegiatan BIAN dan tetap semangat,” tandasnya. (LH)

ADVERTISEMENT