Perketat Pengawasan Orang Asing, Imigrasi Palopo Gelar Rakor Tim Pora

250

PALOPO – Kantor Imigrasi Kelas III Palopo menggelar rapat koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Tingkat Kecamatan Kota Palopo di Auditorium Saokotae, Selasa (9/7/2019). Kepala Imigrasi Palopo, R. Haryo Sakti mengatakan Tim Pora dapat menjadi wadah komunikasi untuk meningkatkan sinergitas antara berbagai instansi pemerintah terkait dalam hal pengawasan.

“Ini juga sebagai bagian dari upaya untuk mewujudkan peningkatan ketertiban dan stabilitas keamanan dalam rangka mengantisipasi pengaruh negatif dari keberadaan dan kegiatan orang asing,” Jelas R. Haryo Sakti.

Olehnya itu, dia berharap pengawasan terhadap orang asing dapat dimaksimalkan dengan sinergitas yang dibangun antar instansi pemerintah. “Peran intansi terkait diperlukan untuk membantu kami dalam mengawasi setiap kegiatan orang asing,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Palopo, Rahmat Masri Bandaso (RMB) yang mewakili Walikota Palopo, HM Judas Amir mengatakan saat ini Palopo menjadi destinasi atau tujuan orang untuk berkunjung. Olehnya itu, sebagai konsekuensi pasti yang datang bukan hanya orang Indonesia tapi juga orang asing.

“Beberapa tahun ini banyak orang asing yang datang berkunjung ke kota palopo dari berbagai negara Asia dimana kadang kita sulit membedakan orang asli Indonesia dan orang asing,” ungkap RMB.

Dia berharap seluruh camat dan jajarannya selalu berkoordinasi dengan instansi terkait dan saat ini agar kembali mengaktifkan RT RW untuk melakukan pengawasan di lingkungan masing-masing.

“Pak Wali berpesan agar Para Camat dan Lurah berkoordinasi dengan intansi terkait dalam hal mengawasi setiap pendatang di daerah kita. Mari kita jaga Palopo agar tetap menjadi Kota yang bersih, indah, dan nyaman,” pungkasnya. (liq)