Pemkab Luwu Bantu Rehab Rumah, Sofyan Thamrin : Biaya diatas 1 Milyar

115
Kepala Dinas Perumahan Pemukiman Luwu, Sofyan Thamrin (foto : Internet/ rachmad)
ADVERTISEMENT

Belopa – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu, melalui Dinas Perumahan Pemukiman (Perkim), menggelar rapat pembahasan penanganan bantuan rebah rumah pasca bencana puting beliung.

Kadis Perkim Luwu, Sofyan Thamrin mengatakan pihaknya sementara mendata rumah rusak ada 93 unit. Seperti arahan Bupati untuk menindak lanjuti. Taksiran sementara biaya rebah diatas 1 Milyar.

“Anggaran rehab dan bangunan baru untuk rumah korban puting beliung di Bua kami taksir tidak dibawah Rp1 miliar. Data yang masuk per hari ini dilaporkan 93 rumah yang rusak,” sebutnya Senin (10/01/22) siang.

Lanjut, Sofyan kemudian merincikan, data rumah yang rusak per hari Senin yakni, Desa Karang-Karangan ada 13 unit, Desa Lengkong 51 unit dan Desa Raja 29 unit di Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu.

ADVERTISEMENT

“Adanya perubahan data ini tetap akan kami validasi, bukan hanya perkim tetapi juga oleh Dinas Sosial dan BPBD. Data ini tentu harus by name by andres disertai foto fisik rumah,” tambahnya

Rapat pembahasan penanganan rebah rumah itu dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Luwu, H Sulaiman. Ia berharap penangan pasca bencana harus cepat dengan memperhatikan kebutuhan warga seperti makanan.

“Saya berharap ditetapkan masa tanggap darurat selama 14 hari. Dalam jangka waktu ini semua harus selesai. Sesuai harapan Pak Bupati, memberikan jaminan kebutuhan makan keluarga korban serta mendirikan rumah baru bagi korban yang sudah tidak punya rumah serta merehab rumah yang rusak sedang dan ringan,” harapnya

Dalam rapat kesempatan itu, turut juga hadir Kadis Perkim, Kadis Sosial, Kepala BPBD, Kepala BPKD, Kepala Bappeda, Kadis PUPR dan para Asisten. (*/Mat)

 

ADVERTISEMENT